Selasa, 23 September 2014 | 23:26:32
Home / Nasional / Hukum / Hambalang Berantakan Bukti Menpora Amatiran

Minggu, 03 Juni 2012 , 14:01:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Proses penganggaran dan realisasi proyek sport center Hambalang yang tidak transparan makin mengundang kecurigaan. Anggota Komisi III DPR yang membidangi hukum, Bambang Soesatyo, menyatakan bahwa ada indikasi Menteri yang merealisasikan proyek Hambalang itu melanggar undang-undang.

Menurutnya, proses penganggaran proyek pembangunan sarana dan prasarana olahraga (P3S0N) Hambalang yang penuh misteri mengindikasikan adanya skandal bernuansa kejahatan kerah putih. "Presiden seharusnya merasa dipermalukan oleh skandal ini. Kabinetnya layak dinilai amatiran," ujar Bambang kepada JPNN di Jakarta, Minggu (3/6).

Ia menambahkan, jika ada kementerian yang berani merealisasikan sebuah proyek tanpa mengikuti mekanisme penganggaran yang benar sebagaimana diatur oleh Undang-undang (UU),  berarti  menteri yang bersangkutan terang-terangan melanggar UU. "Apa motif si menteri? Idealnya, presiden memerintahkan penegak hukum  untuk menyelidiki skandal ini," katanya.

Politisi Partai Golkar itu menambahkan, masalah Hambalang merupakan persoalan serius karena menyangkut kredibilitas kabinet dan pertanggungjawaban atas penggunaan keuangan negara. Faktanya, kata Bambang, dari pengakuan sejumlah anggota Komisi X DPR ternyata para politisi di Komisi di DPR yang membidangi olahraga itu tidak memiiki informasi yang cukup terkait penganggaran ataupun realisasi proyek Hambalang, termasuk penetapan proyek di Kemenpora itu sebagai program multiyears.

"Penganggaran proyek ini berbau kejahatan kerah putih karena terungkap bahwa tidak semua anggota Komisi X DPR ikut membahas anggaran proyek itu. Hanya sebagian anggota Komisi X DPR yang mendapat rincian data anggaran proyek Hambalang," paparnya.

Ditambahkannya, mekanisme penganggaran yang tidak transparan itu pula yang memicu kecurigaan. "Pertanyaannya, apa yang harus ditutup-tutupi oleh pemerintah khususnya kementerian Pemuda dan Olahraga RI saat membahas anggaran proyek Hambalang?" pungkas Bambang. (boy/ara/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 03.06.2012,
        17:04
        Robertus Basten
        Bagaimala olah raga mau maju, belum apa-apa sudah dikorupsi
      2. 03.06.2012,
        15:49
        yordanus
        banyak yg berkepentingan di hambalang,usut tuntas