Biaya Kuliah Sama untuk Semua Jenis Saringan Masuk

Biaya Kuliah Sama untuk Semua Jenis Saringan Masuk
Biaya Kuliah Sama untuk Semua Jenis Saringan Masuk
JAKARTA - Selama ini, jenis saringan masuk mahasiswa baru di kampus negeri berpengaruh terhadap biaya kuliah. Mulai tahun depan, para rektor kompak akan menyeragamkan biaya kuliah untuk semua mahasiswa baru dari segala macam jenis saringan masuk.

 

Sudah jamak diketahui selama ini biaya kuliah untuk mahasiswa baru dari saringan masuk jalur ujian mandiri (non reguler), lebih mahal dibandingkan mahasiswa melalui jalur reguler atau SNM PTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri).

 

Misalnya sama-sama masuk prodi guru bahasa Indonesia, biaya kuliah mahasiswa dari saringan ujian mandiri lebih mahal ketimbang mahasiswa yang masuk dari seleksi reguler. Saking lamanya kondisi ini berjalan, jalur mandiri sampai dicap sebagai jalur khusus mahasiswa dari keluarga kaya dengan kemampuan akademis pas-pasan.

 

Informasi jika biaya kuliah untuk semua jenis saringan masuk disamakan ini diungkapkan oleh Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka. "Masyarakat jangan salah paham lagi, bahwa saringan masuk PTN yang berbede juga mempengahuri biaya kuliah yang berbeda juga," kata dia.

 

JAKARTA - Selama ini, jenis saringan masuk mahasiswa baru di kampus negeri berpengaruh terhadap biaya kuliah. Mulai tahun depan, para rektor kompak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News