Pancaroba, Waspada Demam Berdarah

Pancaroba, Waspada Demam Berdarah
Pancaroba, Waspada Demam Berdarah
MADANG – Masyarakat hendaknya waspada terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD). Pasalnya, penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aides aigepty ini kerap menyerang pada musim pancaroba, yakni peralihan musim kemarau ke musim penghujan.

“Peralihan musim dari kemarau ke musim hujan ini tentunya banyak akibat yang akan terjadi, salah satunya penyakit demam berdarah. Karenanya, masyarakat harus waspada,” ujar PJS Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Dr Madani Nangtjik, Minggu (21/10)

Ia menegaskan, sejauh ini, memang belum diketahui berapa banyak masyarakat yang menderita demam berdarah. Mengingat, musim hujan baru terjadi beberapa kali. Namun, ia mengimbau, masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan, terutama tempat-tempat nyamuk Aides aigepty berkembang, seperti tempat-tempat yang mangandung air, misalnya  bak mandi, tempat penampungan air minum, dan lainnya.

“Kuras, tutup, dan kubur semua barang bekas yang dapat menampung genangan air, serta tutup rapat bak penyimpanan air. Upaya ini bisa dilakukan dalam mengatasi beredarnya nyamuk demam berdarah,” tuturnya.

MADANG – Masyarakat hendaknya waspada terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD). Pasalnya, penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News