Rabu, 01 Juli 2015 | 08:57:24

Senin, 15 April 2013 , 09:27:00

TARAKAN – Kepala Dinas Pendidikan Kota Tarakan, Tajuddin Tuwo menyatakan, tunjangan sertifikasi 900 guru yang masih tertunda akan segera dibayarkan bulan ini. Kepastian dana untuk pembayarannya yang telah terkonfirmasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tajudding mengaku, belakangan ini pihaknya banyak menerima pertanyaan atau keluhan baik secara langsung maupun melalui pesan singkat atau Short Message Service (SMS) dari sejumlah guru terkait penundaan pembayaran tunjangan sertifikasi mereka itu. Sebab, tunjangan setifikasi tahun 2012 hingga memasuki bulan ke-4 tahun 2013, belum juga mereka terima.

"Yang jelas, Dinas Pendidikan sudah berupaya mempercepat realisasi dana sertifikasi seperti yang diharapkan oleh rekan-rekan guru,” kata Tajuddin seperti diberitakan Radar Tarakan (JPNN Grup), Senin (15/4).

Dijelaskannya, pembayaran tunjangan sertifikasi guru memang sangat bergantung pada proses penyaluran dana tersebut dari pusat ke daerah, atau dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ke Dinas Pendidikan Kota Tarakan. Sementara, ditegaskan Tajuddin, pihaknya sama sekali tidak ada niat untuk mengendapkan dana tersebut, hingga berbulan-bulan.

“Kalau dana itu keluarnya bulan ini, maka akan kami salurkan bulan ini, itu hak mereka,” tegasnya.

Tajuddin menambahkan, Dinas Pendidikan hanya bertindak selaku perantara. Dan, tidak ada kebijakan apapun yang bisa dilakukan oleh pihaknya terkait dana tersebut, terlebih menahan atau menunda pembayarannya. Pastinya, pihaknya sangat mendukung adanya wacana tentang proses pembayaran tunjangan sertifikasi guru, yang nantinya akan langsung ditransfer dari rekening Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ke rekening masing-masing guru yang bersangkutan.

Wacana tersebut mencuat lagi pada saat rapat koordinasi yang diselenggarakan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tentang petunjuk teknis penyaluran dana sertifikasi di Manado yang digelar pada tanggal 11 April lalu.

“Jadi dana sertifikasi itu, kelak tidak lagi melalui Dinas Pendidikan. Kita sangat senang dengan itu, karena tidak ada beban lagi. Kalau ada keterlambatan, guru sudah tidak bertanya-tanya lagi ke kita,” candanya.

Untuk besaran dana sertifikasi tersebut, Tajuddin mengaku belum mengetahui secara pasti. “Kita sarankan juga agar para guru yang menerima tunjangan sertifikasi, selaiknya meningkatkan kualitas dan kompentensi mereka. Artinya hak boleh saja dituntut, tapi kewajiban jangan sampai diabaikan,” tutupnya.(yan/ndy/fuz/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
 
        1. 15.06.2015,
          09:16
          tatik s
          tpp saya th 2013 msh belum sampai sekarang apa mungkin masih bisa cair sudah sy urus beberapa kali hasilnya belum cair juga From mobile
        2. 17.04.2015,
          19:26
          ariyaniti
          semoga sertifikasi untuk daerah barito selatan cepat dicairkan, apalagi guru dipelosok kalimantan tengah kurang terlalu diperhattikan.
        3. 14.04.2015,
          19:47
          arnidawati
          Semoga serittifikasi air From mobile
        4. 08.04.2015,
          18:50
          Salmiah
          Alhamdulillah mudah2an Bpk/Ibu pengelola atau penyalur apa yg Bpk/Ibulaksakan dpt berjalan dgn aman dan lancar...amin.2.. From mobile
        5. 02.04.2015,
          14:45
          sulistyawati
          Kok dana sergur tk bisa kehabisan ya...seharusnya dipethitungkn sebelumnya...kl begini mbuat kecewa...beda dg unit lain dana triwilan lancar...mohon dipethatikan ...trimksh From mobile
        6. 27.01.2015,
          00:24
          Ardinoto
          Saya sangat heran tuntutan dlm tugas administrasi ttg Sertifikasi guru kayanya dipersulitkan utk pembayarannya , sedangkan kewajiban sdh dilaksanakan tetapi hak nya malah di tunda , klo guru juga guru mengabaikan tugas kewajibannya bgmn solusinya , guru ini haus ,dahaga dan lapar , kerja tdk diberi makan , inilah istilah kasarnya. Mohon perhatikan guru dipelosok tanah air Nusantara yg tdk punya jaringan sinyal , kasihan pahlawan tanpa tanda jasa From mobile
        7. 13.01.2015,
          18:44
          figo abid rizqiawan
          semoga sertifikasi bulan ini cpt cair amin....... From mobile
        8. 22.10.2014,
          20:48
          hasbullah
          Kapan Dana sertifikasi termen k 3 Cairkn Yth bapak Kepala Dinas PDDKN Sumbar
        9. 11.09.2014,
          09:16
          Hari S. SMKN Tegalsari Banyuwangi
          Salam buat Jkw-Jk : Bereskan persoalan TPP PAI kemenag, jangan permainkan guru,kekacauan TPP Pai berdampak buruk terhadap kinerja guru agama.
        10. 27.08.2014,
          14:01
          Tukiyem
          Sampai pa SBY mau lengser Namanya GURU HONORE, SWASTA, TUNJANGAN SERTIFIKASI, PENGANGKATAN.....DLL gak beres2 pan jokowi nanti kalau mengangkat pembantu yg bener aja pa kan kami juga meski orang kecil (honorer) perlu ada kepastian,,, kasian pa SBY... lengser masih punya utang.. sertifikasi guru honorer,, gak dibayar2.. pada angus katanya... From mobile