Sabtu, 25 Oktober 2014 | 03:30:34
Home / Nasional / Sosial / Inilah 12 Kota Tujuan Mudik Gratis

Rabu, 17 Juli 2013 , 19:10:00

JAKARTA -- Sebanyak 12 kota menjadi tujuan mudik gratis bagi pemudik pemilik kendaraan roda dua pada mudik Lebaran tahun ini, yang digelar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) . Yakni Lampung, Cirebon, Tegal, Magelang, Yogyakarta, Wonogiri, Tasikmalaya, Cilacap, Kebumen, Wonosobo, Purwokerto, dan Solo.

"Sepeda motor milik pemudik, rencananya akan diangkut dengan mengerahkan 35 unit truk. Sedangkan penumpang akan diangkut dengan 80 unit bus menuju kota tujuan," ungkap Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan, di Kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (17/7).

Ia mengatakan, target sepeda motor yang dapat diangkut dalam program ini sekira 2.050 unit, dengan jumlah penumpang kurang lebih 4.100 orang. Dimana penumpang dibatasi maksimal dua orang dewasa dan satu orang anak-anak per sepeda motor.

"Sepeda motor yang diangkut harus memenuhi syarat diantaranya memiliki KTP, tidak ada modifikasi atau asesoris tambahan pada kendaraan, memiliki STNK dan SIM yang sah dengan nama pemilik dan wajib dibawa pada saat pendaftaran dengan melampirkan fotokopi masing-masing dua lembar," katanya.

Dijelaskan Bambang, pemudik yang sudah mendaftar agar menyerahkan sepeda motor ke petugas untuk diangkut truk pada tanggal 1 dan 3 Agustus di halaman kantor Perum PPD Depe Klender, Jl raya Bekas KM17, Jakarta Timur mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Sedangkan pemberangkatan penumpang dilaksankan pada tanggal 3 Agustus menggunakan 45 bus tujuan tujuan Lampung, Yogyakarta, Kebumen, Wonosobo, Solo, Purwokerto, dan Wonogiri.

"Serta 5 Agustus 2013 dengan 35 bus tujuan Cirebon, Magelang, Tegal, Tasikmalaya, dan Cilacap," bebernya.

Ditambahkannya, sepeda motor yang diangkut menggunakan truk, dapat diambil di masing-masing kota tujuan. "Sepeda motor dapat diambil di Kantor Dinas Perhubungan atau terminal kota tujuan pemudik, setelah pemberangkatan bus pada 5 Agustus," tutup Bambang.

Sekedar diketahui, pendaftaran mudik gratis ini telah dibuka sejak Selasa (15/7) lalu, di lobi Gedung Cipta Lantai Dasar Kemenhub hingga 30 Juli 2013 atau sampai memenuhi kuota. (ian/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar