Tiap Bulan 5000 Warga Suriah Tewas Akibat Perang

Tiap Bulan 5000 Warga Suriah Tewas Akibat Perang
Tiap Bulan 5000 Warga Suriah Tewas Akibat Perang
NEW YORK - Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) merilis data terbaru terkait perang saudara di Suriah. Temuan PBB menyebutkan, sekitar 5000 orang meninggal dunia setiap bulannya akibat konflik bersenjata di Suriah.

Asisten Sekjen Bidang Hak Asasi Manusia PBB, Ivan Simonovic menyebut kejahatan perang dan pelanggaran HAM telah menjadi norma di salah satu negara Timur Tengah itu. "Tingkat pembunuhan yang sangat tinggi itu memperlihatkan bahwa konflik ini semakin memburuk secara drastis," ujar Simonovic seperti dikutip dari AP, Rabu (17/7).

Situasi ini, lanjutnya, dikarenakan aksi pasukan pemerintah yang melancarkan aksi serangan membabi buta terhadap basis-basis bemberontak di seantero negeri. Pasukan pimpinan Presiden Bashar Al Assad itu dituding menggunakan berbagai macam senjata jarak jauh dan serangan udara terhadap daerah-daerah berpopulasi padat.

"Akibatnya, ratusan warga sipil termasuk anak-anak dan perempuan terbunuh, ribuan terluka dan puluhan ribu mengungsi. Sementara sebagian lainnya terkepung di dalam kota dan hidup dalam kondisi yang sangat memprihatinkan," papar Simonovic.

NEW YORK - Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) merilis data terbaru terkait perang saudara di Suriah. Temuan PBB menyebutkan, sekitar 5000 orang meninggal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News