Bendungan Way Ela Maluku Jebol

Bendungan Way Ela Maluku Jebol
Bendungan Way Ela Maluku Jebol

jpnn.com - JAKARTA - Karena tak kuat menahan tingginya debit air, sebagian bendungan Way Ela di Maluku jebol pukul 10.30 WIT, Kamis (25/7) tadi. Hal itu terjadi karena volume air terus bertambah akibat hujan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nurgoho mengatakan, bila hujan terus turun dikhawatirkan bagian bendung dapat jebol keseluruhan.

"Hingga saat ini belum ada laporan korban dan kerusakan. Masyarakat Desa Negeri Lima sebanyak 5.227 jiwa atau 1.027 KK telah dievakuasi ke desa sekitarnya yang aman," kata Sutopo.

Menurutnya, Kepala BNPB Syamsul Maarif telah melaporkan kejadian tersebut kepada Presiden. Kepala BNPB juga telah memerintahkan pengiriman bantuan logistik berupa tenda pengungsi, makanan, sandang dan kebutuhan lainnya.

"Logistik sudah dikirim sebanyak 15 ton dengan mengerahkan 2 pesawat Hercules TNI-AU. Tim BNPB juga dikirim untuk memberikan pendampingan penanganan bencana tersebut," jelasnya.

BNPB meminta masyarakat di sekitar waduk Way Ela tetap siaga karena curah hujan masih tinggi. Tipe iklim di Maluku adalah tipe lokal yang dipengaruhi oleh perairan sekitar Maluku sehingga puncak hujan terjadi pada Juli.(Fat/jpnn)


JAKARTA - Karena tak kuat menahan tingginya debit air, sebagian bendungan Way Ela di Maluku jebol pukul 10.30 WIT, Kamis (25/7) tadi. Hal itu terjadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News