Target, Desember Bantuan Siswa Miskin Sudah Tersalurkan Semua

Target, Desember Bantuan Siswa Miskin Sudah Tersalurkan Semua
Target, Desember Bantuan Siswa Miskin Sudah Tersalurkan Semua

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengklaim siap menyalurkan 73 persen dana bantuan siswa miskin (BSM) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P).

Capaian sasaran ini meningkat sebanyak 33 persen dari sebelumnya yang baru selesai disalurkan sebanyak 40 persen.

Sebelumnya, pekan lalu Menko Kesra Agung Laksono memberi rapor merah pada Kemdikbud dan Kementerian Agama karena dianggap lamban dalam penyaluran BSM. Saat itu, realisasi BSM di Kemdikbud baru 40 persen dan Kemenag 35 persen.

Wamendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan, jika berdasarkan mekanisme  Kartu Penjamin Sosial (KPS) maka baru tercapai kurang lebih 40 persen.

Namun setelah digabungkan dengan mekanisme formulir usulan sekolah (FUS) jumlahnya akan mencapai 73 persen.

Selama ini, kata Musliar, proses FUS dilakukan bersamaan dengan proses KPS, tetapi belum disalurkan. Nah, pada saat memberikan laporan BSM di Menkokesra beberapa waktu lalu, Kemdikbud hanya melaporkan mekanisme KPS saja.

"Saya sudah lapor kembali ke Pak Menko (Kesra) bahwa ketika (mekanisme FUS) ini sudah selesai, boleh disalurkan," katanya dalam siaran pers yang diteirma JPNN.com, Minggu (10/11).

Mekanisme FUS ditujukan bagi siswa miskin yang orang tuanya tidak memiliki KPS dan proses pengajuannya dilakukan melalui usulan dari sekolah. Lebih rinci anggaran yang sudah siap disalurkan untuk sekolah dasar 78 persen, sekolah menengah pertama 78 persen, sekolah menengah atas 31 persen, dan sekolah menengah kejuruan 55 persen.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengklaim siap menyalurkan 73 persen dana bantuan siswa miskin (BSM) dari Anggaran Pendapatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News