Dorong Pembagian Peran, Hindari Koalisi Bagi-Bagi Kursi

Edhie: Partai Demokrat Ingin Lanjutkan Kebersamaan

Dorong Pembagian Peran, Hindari Koalisi Bagi-Bagi Kursi
Dorong Pembagian Peran, Hindari Koalisi Bagi-Bagi Kursi

jpnn.com - JAKARTA - Partai Demokrat (PD) sampai saat ini masih terus melakukan penjajakan kepada partai-partai politik lainnya untuk dijadikan mitra koalisi di pemilu presiden (pilpres) nanti. Meski bersikap terbuka dalam mencari mitra, namun partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu tak mau koalisi hanya jadi ajang transaksi dan bagi-bagi posisi.

Anggota Dewan Pembina PD, Pramono Edhie Wibowo menyatakan, koalisi yang dijalin harus mengutamakan kebersamaan untuk kemajuan bangsa. Menurutnya, pemerintahan hasil koalisi yang dipimpin partainya selama hampir 10 tahun ini merupakan cerminan praktik demokrasi ‎yang mengutamakan semangat kebersamaan dan menjunjung tinggi persatuan.

Karenanya Pramono menyebut koalisi ibarat berbagi peran dalam kerjasama menuju kemajuan. “Koalisi yang dijalankan Partai Demokrat selama ini adalah dalam rangka berbagi peran dan bersama melanjutkan pembangunan bagi kesejahteraan seluruh bangsa Indonesia," katanya kepada media, Minggu (20/4).

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang kini ikut konvensi calon presiden (capres) di PD itu menegaskan, koalisi merupakan keniscayaan dalam praktik demokrasi di Indonesia yang penuh perbedaan. Terlebih, Indonesia yang menganut sistem demokrasi multipartai mengakibatkan tidak adanya partai yang dominan.

Bahkan, lanjut pria yang lebih suka dipanggil dengan panggilan Mas Edhie itu, partai pemenang pemilu legislatif versi hitung cepat juga belum bisa dipastikan dapat mengusung pasangan calon presiden (capres) tanpa koalisi. Karenanya PD terus mempelajari dinamika politik yang terjadi.

Namun, sekali lagi Pramono menegaskan, jangan sampai koalisi hanya didasari bagi-bagi kursi. “Saya berharap koalisi partai-partai peserta pemilu tetap didasari dengan semangat bersama membangun bangsa," pungkasnya. (ara/jpnn)

 

JAKARTA - Partai Demokrat (PD) sampai saat ini masih terus melakukan penjajakan kepada partai-partai politik lainnya untuk dijadikan mitra koalisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News