Dahlan: BUMN Harus Jadi Engine of Growth

Dahlan: BUMN Harus Jadi Engine of Growth
Dahlan: BUMN Harus Jadi Engine of Growth

jpnn.com - JAKARTA - Peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah mengisi pembangunan di Indonesia. Hal itu dikatakan Menteri BUMN Dahlan Iskan usai melakukan upacara perayaan HUT ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia di kantornya, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Minggu (17/8).

"Tentu harus disadarai BUMN sudah semakin maju, semakin punya peran dalam pembangunan. Yang utama adalah (BUMN) menjadi engine of growth (mesin pertumbuhan)," paparnya.

Ia lantas mengumpamakan BUMN perbankan yang harus semakin besar, tujuannya yakni guna mendanai berbagai proyek. "Jadi misalnya perbankan. Dia harus semakin besar supaya bisa membiayai dan mendanai proyek-proyek pembangunan di Indonesia, sehingga kalau bank-nya kecil, bagaimana bisa membiayai proyek pembangunan yang besar," ulas mantan dirut PLN ini.

Selain itu menurutnya, perusahaan infrastruktur juga harus bertambah besar. Sementara di bidang pangan, pemerintah harus terus mendorong agar maju. Mengingat sektor pangan masih perlu mendapatkan perhatian banyak dari pemerintah.

"Saya senang seluruh perusahaan kontraktor bagus-bagus semua sekarang ini. Pelabuhan, bandara harus maju. Nah memang yang akan datang ini di bidang pangan harus didorong, karena masa lalu BUMN di bidang pangan kita terlalu menjadi permainan," tutup pria yang hari ini genap berusia 63 tahun. (chi/jpnn)


JAKARTA - Peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah mengisi pembangunan di Indonesia. Hal itu dikatakan Menteri BUMN Dahlan Iskan usai melakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News