Yakin Bisa Wujudkan Trisakti dengan Revolusi Mental

Yakin Bisa Wujudkan Trisakti dengan Revolusi Mental
Yakin Bisa Wujudkan Trisakti dengan Revolusi Mental

jpnn.com - JAKARTA - Cendekiawan muda, Yudi Latif meyakini presiden terpilih, Joko Widodo serius mewujudkan konsep revolusi mental. Alasan Yudi, revolusi mental merupakan jalan untuk mewujudkan cita-cita Trisakti dari Bung Karno tentang kemandirian ekonomi, kedaulatan politik dan kebudayaan yang berkepribadian.

“Revolusi mental akan menjadi program utama Jokowi-JK dalam mewujudkan mental inovatif dan nasionalisme bagi setiap warga-negara. Bahkan, revolusi mental akan mampu melahirkan Trisaki, “ kata Yudi di Jakarta, Rabu (27/8).

Dipaparkannya,  revolusi mental di bidang ekonomi akan membangun kesadaran untuk dapat menghargai ciptaan dan produk dalam negeri. Sebab, selama ini justru masyarakat kerap menganggap produk impor sebagai yang paling baik.

“Ini masalah serius. Kita mestinya lebih percaya terhadap kreativitas dalam negeri,” ucapnya.

Sedangkan di bidang politik, revolusi mental akan mendorong pembangunan sistem hukum dan politik yang sesuai dengan konteks sosial-budaya di tanah air. “Selama ini, kita dengan mudah mengadopsi sistem yang datang dari luar sembari mengabaikan khazanah pemikiran yang tumbuh dan berkembang di antara para ilmuan kita. Saatnya, kita menggali sistem hukum dan politik yang sesuai dengan jati-diri bangsa,” sambun Yudi.

Sedangkan revolusi mental di bidang kebudayaan diyakini Yudi akan membentuk karakter untuk memperkuat kemanusiaan dan keadaban. “Kita punya banyak khazanah kebudayaan yang dapat membangun kepercayaan diri sebagai sebuah bangsa,” pungkasnya.(rmo/jpnn)


JAKARTA - Cendekiawan muda, Yudi Latif meyakini presiden terpilih, Joko Widodo serius mewujudkan konsep revolusi mental. Alasan Yudi, revolusi mental


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News