Kanker Payudara Pembunuh Terganas

Kanker Payudara Pembunuh Terganas
Kanker Payudara Pembunuh Terganas. Getty Images

jpnn.com - BANDUNG - Kesadaran masyarakat terhadap bahaya kanker payudara, di Kota Bandung, Jawa Barat masih rendah. Karenanya, masih banyak masyarakat yang datang ke rumah sakit setelah stadium lanjut.

"Rata-rata, pasien datang ke rumah sakit setelah di atas stadium dua. Sehingga, pengobatan semakin sulit dan mahal," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bandung, Achyani Raksanegara seperti yang dilansir Radar Bandung (Grup JPNN.com), Kamis (28/8).

Berdasarkan data yang ada di Dinkes, kanker payudara merupakan penyakit kanker ke dua yaang banyak diderita perempuan di Kota Bandung, setelah kanker leher rahim. Namun kanker payudara menempati peringkat pertama pembunuh terganas. "Dari 100 ribu perempuan, 26 diantaranya meninggal karena kanker," terangnya.

Menurut Achyani, yang datang ke rumah sakit di stadium awal hanya sekitar 40 persen. Sisanya datang di atas stadium dua.  "Karenanya, masyarakat harus diberi pengetahuan secara menyeluruh, jangan sampai separo-separo," terangnya.

Kalau pengetahuannya hanya separuh, maka banyak masyarakat yang takut datang ke dokter. Sehingga setelah mendapat pengetahuan, yang tidak kalah pentingnya, adalah mau melaksanakan pengetahuan itu.

Yang kini tengah disosialisasikan kepada masyarakat, adalah pengetahuan mendeteksi dini kanker payudara yang dilakukan sendiri, atau yang lebih dikenal Padari (Periksa Payudara Sendiri).

Dinkes melakukan sosialisasi kepada remaja, di lingkungan sekolah-sekolah, dan Memperbanyak orang-orang yang mengetahui mengenai Sadari ini, agar semakin banyak orang yang bisa melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kami memang mensosialisasikan secara masif, libatkan banyak yayasan, organisasi profesi, sampai PKK dan Dharmawanita. Agar mereka bisa mensosialisasikan ke masyarakat," terangnya.

BANDUNG - Kesadaran masyarakat terhadap bahaya kanker payudara, di Kota Bandung, Jawa Barat masih rendah. Karenanya, masih banyak masyarakat yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News