Iguana, Hobi Plus Investasi

Iguana, Hobi Plus Investasi
Iguana, Hobi Plus Investasi

jpnn.com - SURABAYA – Memelihara reptil bukan lagi hal menakutkan. Hewan yang terkesan garang dan mengerikan tersebut kini justru makin banyak dijadikan hobi dan investasi. Bahkan, komunitas pencinta reptil jenis tertentu kian menjamur di metropolis. Salah satunya adalah komunitas penggemar iguana.

Budi Wonosasmito, pencinta reptil, mengungkapkan bahwa perkembangan reptil di Surabaya makin maju. Selain makin banyak komunitas yang mewadahi para pencinta reptil di berbagai daerah, sebagian besar di antara mereka mulai menjadikan reptil sebagai investasi yang bernilai tinggi. ’’Sebenarnya semua reptil berpotensi sekali untuk investasi. Tapi, iguana menjadi reptil sepanjang masa. Pencinta danbreeder semakin banyak,’’ ujar Budi.

Lingkup pencinta iguana pun kian luas. Jika dulu masih banyak cowok yang berani memelihara reptil, kini banyak cewek yang juga mulai meminatinya. Bahkan, rentang usianya mulai anak-anak hingga dewasa.

Menurut Budi, memelihara iguana saat ini menjadi salah satu gaya hidup yang bernilai prestise tinggi. Para pencinta iguana pun akhirnya tidak sekadar memelihara sebagai hobi. Mereka juga berlomba-lomba untuk mempercantik iguana agar makin keren. Mulai ’’menyalon’’ duri-duri di atas badannya agar tetap tegak hingga menjaga makan iguana.

’’Biasanya kalau sudah membawa iguana dalam kelompok pencinta hewan reptil, mereka jadi percaya diri,’’ kata pria yang memiliki ratusan iguana beragam jenis tersebut.

Budi memang hobi memelihara reptil. Selain itu, kata dia, hewan berdarah dingin tersebut mampu menghasilkan uang yang cukup menggiurkan.

Pria 41 tahun itu menyebutkan, bayi green iguana dibanderol Rp 300 ribu per ekor, red iguana Rp 750 ribu, blue iguana Rp 5 juta, iguana albino Rp 30 juta, dan white iguana Rp 150 juta.

Nah, investasi iguana memang menggiurkan. Sebab, bila ukuran iguana makin besar, harga jualnya makin tinggi. Apalagi jika iguana dirawat dengan bagus dan berwarna serta punya bentuk cantik. ’’Rata-rata mereka membeli dari bayi dan ditunggu sampai besar,’’ katanya.

SURABAYA – Memelihara reptil bukan lagi hal menakutkan. Hewan yang terkesan garang dan mengerikan tersebut kini justru makin banyak dijadikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News