Rayakan Ultah, TNI Siapkan Kado untuk SBY

Rayakan Ultah, TNI Siapkan Kado untuk SBY
Rayakan Ultah, TNI Siapkan Kado untuk SBY

jpnn.com - JAKARTA - Puncak perayaan hari ulang tahun TNI ke-69 akan digelar di Komando Armada RI kawasan Timur, Dermaga Ujung, Surabaya pada 7 Oktober mendatang. Di ajang itu, TNI akan memamerkan persenjataan seperti tank dan pesawat tempur dan berbagai atraksi.

"Sekitar 18 ribu personel akan dikerahkan, baik yang upacara maupun yang ikut demonstrasi. Juga akan ada tank-tank penembakan di laut dan operasi lintas udara di Madura yang dapat disaksikan dari Ujung Dermaga," kata Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI Fuad Basya, kepada wartawan, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (17/9).

Fuad menjelaskan, perayaan HUT TNI tahun ini bakal relatif berbeda dibandingkan perayaan tahun sebelumnya. Sebab, perayaan HUT TNI kali ini digelar di akhir masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Ini kado untuk Presiden SBY. Kita melepas beliau sehingga beliau ada kepuasan selama 10 tahun memimpin. TNI sudah dibangun," ucap Fuad.

Dipaparkannya pula, acara perayaan HUT TNI juga akan dihadiri oleh presiden terpilih Joko Widodo alias Jokowi. Menurut Fuad, TNI berharap Presiden SBY meminta Jokowi melanjutkan capaian-capaian positif selama ini.

"Nanti presiden terpilih Jokowi juga hadir. Mungkin (SBY, red) akan bisik-bisik, 'sudah sampai sini silakan lanjutan'. Kita melaporkan ini loh yang sudah kita lakukan, bentuk pertanggungjawaban kita. Sekaligus menepis anggapan TNI lemah," kata Fuad.

Fuad menjelaskan, berbagai atraksi akan dipamerkan dalam perayaan HUT TNI nanti. Di antaranya  demonstrasi serangan udara langsung dengan sasaran di laut. Ada pula tank-tank yang akan melakukan penembakan di laut dan operasi lintas udara.

"Ada kegiatan terjun statik di laut oleh TNI AL. Pembebasan sandera di laut, bela diri militer di atas tank. Mereka nanti berkelahi di laut,” papar Fuad.

JAKARTA - Puncak perayaan hari ulang tahun TNI ke-69 akan digelar di Komando Armada RI kawasan Timur, Dermaga Ujung, Surabaya pada 7 Oktober mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News