Cuaca Buruk, Lifting Minyak Merosot

Cuaca Buruk, Lifting Minyak Merosot
Cuaca Buruk, Lifting Minyak Merosot
JAKARTA – Upaya pemerintah untuk mempertahankan kinerja positif lifting (produksi siap jual) minyak terganjal faktor alam. Akibat cuaca buruk, lifting minyak sepanjang bulan ini merosot.

     

Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMigas) R. Priyono mengatakan, lifting point atau tempat pengambilan minyak dari tanki penyimpanan  milik perusahaan yang sebagian di pelabuhan, membuat eksposur cuaca sangat besar. Sebab, sebagian kapal tidak bisa merapat ke pelabuhan akibat ombak besar, sehingga minyak yang sudah diproduksi dan disimpan di tanki, tidak bisa dilifting. "Karena itu, bulan ini angkanya agak jelek," ujarnya di sela acara Indogas 2009 di Jakarta kemarin (19/1).

     

Menurut Priyono, angka lifting sepanjang pertangahan pertama Januari ini ada di kisaran 950.000 – 960.000 barel per hari (BPH). Angka ini memang cukup dekat dengan target lifting dalam APBN 2009, yakni 960.000 BPH, namun merosot jika dibandingkan dengan realisasi lifting Desember 2008 yang mencapai 1,09 juta BPH .

     

Namun, Priyono optimistis grafik angka lifting akan terus meningkat jika kondisi cuaca sudah mulai membaik. "Mudah-mudahan Februari nanti sudah membaik," katanya.

     

JAKARTA – Upaya pemerintah untuk mempertahankan kinerja positif lifting (produksi siap jual) minyak terganjal faktor alam. Akibat cuaca buruk,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News