Bekerja dengan Hati

Bekerja dengan Hati
Johan Budi SP saat memberikan keterangan pers di gedung KPK. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - PIMPINAN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) silih berganti, tapi jubir lembaga antirasuah itu tetap lah Johan Budi.

Pemilik nama lengkap Johan Budi Sapto Pribowo itu begitu populer lantaran hampir setiap hari namanya tertera di media massa, sebagai nara sumber.

"Saya ini kan bekerja dengan hati, jadi meskipun capek, tidak kecewa atau tidak kesal. Tapi memang tentu berat menjadi juru bicara KPK karena harus menyediakan waktu yang banyak untuk teman-teman media," kata‎ Johan.

Kini, Johan tidak hanya menjadi seorang jubir. Mantan jurnalis itu juga menjabat sebagai Deputi bidang Pencegahan KPK. ‎Lalu apa yang akan dilakukannya sebagai Deputi bidang Pencegahan? Apa pengalaman Johan paling berkesan selama bekerja di KPK? Berikut wawancara wartawan JPNN Andrian Gilang dengan Johan di KPK, Jakarta, Jumat (24/10).

Bisa diceritakan bagaimana awalnya masuk KPK?

‎Dulu saya jurnalis juga kan. Kemudian saya sering menulis soal korupsi juga. Saya kan tertarik dan merasa berguna kalau misalnya apa yang kita tulis kemudian berhasil diungkap oleh penegak hukum sehingga ada orang yang ditangkap. Nah kemudian ada KPK. Saya istilahkan menulis korupsi itu termasuk jihad. Tetapi saya ingin terlibat langsung dalam pemberantasan korupsi itu melalui KPK.

Masuk ke KPK tahun berapa?
Saya tahun 2005.

Ada perbedaan signifikan tidak antara KPK yang dulu dengan sekarang misalnya dari segi kinerja?

Ya kalau dulu, tentu tidak bisa disamakan. KPK kan berdiri Desember 2003, baru punya pegawai lima puluhan pada 2004. Kemudian berkembang dan saya angkatan pertama yang direkrut dari luar. Kalau dulu membangun sistem, membangun kultur. Sistem dan kultur yang ada sekarang kan atas jasa pimpinan yang pertama. Dengan sekarang tentu berbeda dengan dulu. Sekarang makin banyak perkara ditangani, makin banyak orang yang masuk KPK dan juga tuntutan publik makin besar juga. Tentu perbedaannya disitu, tapi semangatnya tentu sama memberantas korupsi.

PIMPINAN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) silih berganti, tapi jubir lembaga antirasuah itu tetap lah Johan Budi. Pemilik nama lengkap Johan Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News