3 Kapal Asing Ditenggelamkan, Jokowi Ingatkan Ucapan Bung Karno

3 Kapal Asing Ditenggelamkan, Jokowi Ingatkan Ucapan Bung Karno
Presiden Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) telah menenggelamkan tiga kapal asing yang melakukan illegal fishing di perairan Indonesia, pada Jumat (5/12). Aksi penenggelaman kapal tersebut dilakukan di Tarempa, Anambas Kepulauan Riau.

Lewat akun facebook pribadinya, Presiden Joko Widodo mengakui langkah ini adalah pesan bahwa Indonesia tidak main-main dalam urusan illegal fishing. "Kita harus mengamankan lautan kita dari penjarahan pihak asing," tulis Jokowi.

Ketiga kapal asing tersebut diketahui tidak memiliki izin. Setelah melalui proses hukum, pengadilan memutuskan bahwa kapal harus dimusnahkan dan awaknya dideportasi ke Vietnam, tempat kapal dan awaknya berasal.

"Di darat, di laut dan di udara wilayah Indonesia adalah kedaulatan Republik Indonesia, tiap jengkal wilayah-nya adalah kehormatan bangsa ini. Seperti peribahasa Jawa yang kerap diucapkan Bung Karno soal kedaulatan bangsa ini, Sadumuk Bathuk Sanyari Bumi Ditohi Pati, sejengkal wilayah dibela dengan taruhan nyawa karena itulah kehormatan kita," tandas Jokowi.

Jokowi menuliskan, bangsa ini lahir dari sikap patria, sikap mencintai tanah air, mencintai Indonesia tanpa syarat. "Cinta itulah yang kemudian menjadi kewajiban bangsa ini menjaga Indonesia di hari ini, untuk masa depan yang lebih jaya dan terhormat," pungkas Jokowi. (adk/jpnn)


JAKARTA - Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) telah menenggelamkan tiga kapal asing yang melakukan illegal fishing di perairan Indonesia, pada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News