Piala Indonesia Dihelat Lima Bulan, Finalis ISL 2014 Langsung ke 16 Besar

Piala Indonesia Dihelat Lima Bulan, Finalis ISL 2014 Langsung ke 16 Besar
Suporter Persib, Bobotoh. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Piala Indonesia (PI) akan kembali digulirkan pada 2015. PSSI dan PT Liga Indonesia (PT LI) sudah menentukan penjadwalan turnamen yang melibatkan partisipan dari Indonesia Super League (ISL), Divisi Utama, dan Liga Nusantara itu.

PT LI menjamin, PI tidak akan mengganggu jalannya liga di semua level. Sebab, jadwal pelaksanannya tidak akan bulat selama tujuh atau delapan bulan. Turnamen yang kali terakhir digelar dua tahun silam itu bakal efektif berlangsung selama lima bulan.

Berdasarkan data yang didapatkan Jawa Pos, turnamen PI sudah kickoff mulai 7 Maret 2015. Terbagi dalam enam putaran, turnamen ini akan berakhir pada 8 November mendatang.

Kalau hanya dihitung jumlah bulan, memang sampai sembilan bulan. Namun, itu masih dipotong break Lebaran yang memakan waktu hampir tiga bulan.

Sehingga, praktis hanya lima bulan efektif untuk menggelar turnamen tersebut. "Penjadwalan di Piala Indonesia sudah kami atur sesuai dengan draft kompetisi reguler, baik ISL ataupun Divisi Utama. Saya rasa waktu lima bulan efektif sudah cukup untuk membantu klub-klub mengatur di sisi pengeluaran," ujar Manajer Administrasi Kompetisi PT LI Darwis Satmoko.

Kesinambungan jadwal dengan pengeluaran itu bisa dilihat dari format yang digunakan. Dari enam putaran, hanya satu yang bakal menguras banyak dana dengan memakai sistem setengah kompetisi atau home and away.

Sisanya menggunakan aturan single match. Soal tim mana yang berhak menjadi tuan rumah di fase single match itu, bakal ditentukan dalam drawing. Kapan drawing akan dilakukan bakal segera diumumkan.

Sekilas, di sisi format, PI mirip dengan FA Cup alias Piala FA. Sebab, jika pada pertemuan pertama belum memunculkan pemenang, akan digelar rematch alias partai ulangan di kandang tim yang di laga pertama menjadi tim tamu.

JAKARTA - Piala Indonesia (PI) akan kembali digulirkan pada 2015. PSSI dan PT Liga Indonesia (PT LI) sudah menentukan penjadwalan turnamen yang melibatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News