Masyarakat Papua Bakal Usir PT Freeport

Ngotot Bangun Smelter di Gresik

Masyarakat Papua Bakal Usir PT Freeport
foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA- Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), Timotius Murib mengatakan, masyarakat bakal mengusir PT Freeport Indonesia dari daerahnya. Itu akan dilakukan jika PT Freeport merealisasikan  pembangunan smelter di Gresik.

“Kalau smelternya dibangun di Gresik, sekalian PT Freeport angkat kaki dari Papua. Kalau tidak mau angkat kaki, masyarakat Papua yang akan mengusirnya," kata Timotius Murib, di Jakarta, Jumat (23/1).

Timotius mengatakan, alasan PT Freeport membangun smelter di Gresik ialah untuk memudahkan kerjasama dengan sejumlah BUMN terkait di bidang pertambangan seperti PT Antam.

"Bagi masyarakat Papua, alasan tersebut sangat menyakitkan karena bahan baku tembaga, emas dan perak diambil dari Tanah Papua. Sementara untuk pengolahannya dibawa ke Gresik. Artinya, masyarakat Papua hanya diberi limbah industri," kata dia.

Timotius menambahkan, investasi untuk membangun sebuah smelter itu terkait dengan pendanaan puluhan triliun rupiah. "Mestinya eksekusi investasi itu terjadi di Papua, kenapa harus di Pulau Jawa?" tegas Timotius. (fas/jpnn)

 

 


JAKARTA- Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), Timotius Murib mengatakan, masyarakat bakal mengusir PT Freeport Indonesia dari daerahnya. Itu akan dilakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News