Pertamina Yakin Tingkatan Daya Saing Kilang Nasional

Pertamina Yakin Tingkatan Daya Saing Kilang Nasional
foto: istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Vice President Strategic Planning, Business Development, and Operation Risk Direktorat Pengolahan Pertamina, Achmad Fathoni Mahmud optimistis, lima kilang perseroan akan memiliki daya saing tinggi di kawasan Asia Pasifik.

“Lima kilang PT Pertamina memiliki daya saing tinggi bila proyek Refining Development Masterplan Program (RDMP) tuntas," ujar Achmad dalam rilisnya, Kamis (23/1).

RDMP telah berhasil menggaet tiga calon investor. Yakni, Saudi Aramco, Sinopec dan JX Nippon. Dengan begitu, perusahaan memungkinkan mengolah minyak mentah sour yang memiliki kandungan sulfur tinggi.

Achmad menambahkan, dengan program tersebut, kilang Pertamina dapat memanfaatkan minyak mentah lebih murah sekaligus dengan hasil produk yang lebih banyak.

“Selama ini, kilang Pertamina banyak menggunakan minyak mentah light sweet crude yang harganya relatif lebih mahal. Didukung dengan kompleksitas yang tinggi, margin akan semakin baik sehingga secara rata-rata akan menjadi yang paling kompetitif di kawasan Asia Pasifik," tegas Achmad.

Seperti diketahui, RDMP diproyeksikan akan mendongkrak kapasitas pengolahan minyak mentah dari posisi saat ini sekitar 820.000 barel per hari (bph) menjadi 1,68 juta bph atau dua kali lipat.

Fleksibilitas kilang juga meningkat. Hal itu ditunjukkan dengan kemampuannya mengolah minyak mentah dengan tingkat kandungan sulfur setara dua persen. Saat ini kandungan sulfur pada minyak mentah yang dapat ditoleransi hanya 0,2 persen.

Dengan kompleksitas tinggi, produksi bahan bakar yang dihasilkan akan naik sekitar 2,5 kali lipat dari 620.000 bph saat ini menjadi 1,52 juta bph dengan produk utama gasoline dan diesel. Produk-produk tersebut akan memiliki kualitas tinggi yang comply terhadap standard Euro IV. (chi/jpnn)

JAKARTA - Vice President Strategic Planning, Business Development, and Operation Risk Direktorat Pengolahan Pertamina, Achmad Fathoni Mahmud optimistis,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News