Waduhhh.. Jumlah Pria di Sumsel Menurun

Waduhhh.. Jumlah Pria di Sumsel Menurun
Waduhhh.. Jumlah Pria di Sumsel Menurun

jpnn.com - PALEMBANG- Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil mencatat, jumlah penduduk pria di Sumatera Selatan pada 2014 mengalami penurunan. Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan jumlah penduduk wanita yang justru mengalami kenaikan.

"Pendataan hingga akhir tahun lalu jumlah pria menurun menjadi 4.122.441 orang dan perempuan naik hingga 3.927.356," terang Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Sumsel, Edward Chandra, Jumat (13/2).

Tahun lalu, jumlah pria yang terdata mencapai 4.131.655 jiwa, sedangkan jumlah perempuan menyentuh 3.911.138 orang. Secara keseluruhan, jumlah penduduk Sumsel hingga Juni 2014 mencapai 8.043.093 jiwa.

"Namun lebih dari enam bulan sudah terjadi peningkatan hingga 6.704 jiwa," lanjutnya.

Menurut Edward, penambahan jumlah penduduk disebabkan karena kematian atau perpindahan dan validasi data dari kecamatan di seluruh Sumsel. Peningkatan 6.000 lebih terjadi secara merata di seluruh daerah.

"Ada karena kepindahan penduduk dan kelahiran. Karena pendataan bayi juga termasuk di angka tersebut," jelas Edward.

Ditambahkannya, pendataan yang dilakukan pihak kecamatan dilaporkan dan diolah tiap bulan ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil lewat online. Dari validasi tersebut akan digunakan untuk Pemilukada di sejumlah daerah.

"Kecil kemungkinan bila terjadi data ganda karena sudah diverifikasi. Data ini untuk semua keperluan pelayanan publik, alokasi anggaran, penegakkan hukum dan pencegahan kriminal. Bahkan Pemilukada karena didasari UU nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan dan Surat Edaran 470/735/SJ tanggal 13 Februari 2014," terangnya.

PALEMBANG- Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil mencatat, jumlah penduduk pria di Sumatera Selatan pada 2014 mengalami penurunan. Kondisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News