Menteri Yuddy Minta PPATK Tingkatkan Pencegahan Korupsi

Menteri Yuddy Minta PPATK Tingkatkan Pencegahan Korupsi
Menpan-RB, Yuddy Chrisnandi. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengapresiasi Pusat Pelaporan dan Analisis Transaski Keuangan (PPATK) yang selama ini berperan besar dalam pencegahan penyalahgunaan keuangan negara. Sehingga potensi keuangan negara bisa dioptimalkan untuk pembangunan.

Hal itu dikatakan Menteri Yuddy di acara pencanangan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) PPATK, di Jakarta, Senin (20/4).

“Dengan pencanangan zona integritas ini, saya berharap PPATK terus mempertahankan dan membangun intergritas sehingga terwujud lingkungan yang bebas korupsi,” ujarnya.
 
Lebih lanjut dikatakan, dalam menghadapi era globalisasi, siapapun harus harus selalu siap menghadapi tantangan-tantangan yang muncul, karena  apa yang terjadi dalam konteks global, akan sangat berpengaruh pada perekonomian Indonesia.

"Kita harus memiliki fundamental ekonomi yang kuat dan instrumen pembangunan nasional yang mampu memastikan bahwa goncangan global tidak akan mempengaruhi secara signifikan kesejahteraan masyarakat Indonesia," imbuhnya.
 
Menurut Yuddy, ada tiga komponen modal pembangunan yang harus dipertimbangkan yakni masalah hutang, produktivitas mesin- mesin nasional pertumbuhan ekonomi, dan penghematan.

"Apakah kita harus terus berhutang pada donor untuk meningkatkan pembangunan?” sergahnya.
 
Kalau tidak ingin berhutang terus, lanjut Guru Besar FISIP Universitas Nasional Jakarta ini, Indonesia harus berpikir bagaimana meningkatkan produktivitas mesin-mesin nasional pertumbuhan ekonomi. Karena itu, kata Menteri Yuddy, kegiatan industri harus terus digerakkan, dan penguatan investasi juga terus dilakukan.

Hal lain yang harus dilakukan saat ini adalah komponen ketiga, yakni penghematan. Dalam hal ini, Kemenpan-RB telah menerbitkan sejumlah kebijakan terkait dengan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam gerakan penghematan nasional.

Karena itu, Yuddy mengajak, seluruh instansi pemerintah untuk terus melakukan penghematan, sehingga pengeluaran keuangan negara yang tidak perlu, bisa dimaksimalkan untuk membiayai pembangunan berbagai kepentingan rakyat.(esy/jpnn)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengapresiasi Pusat Pelaporan dan Analisis Transaski


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News