Pemerintah Segera Tempatkan 50 KK Transmigran Lokal Aceh

Pemerintah Segera Tempatkan 50 KK Transmigran Lokal Aceh
Pemerintah Segera Tempatkan 50 KK Transmigran Lokal Aceh

jpnn.com - ACEH BESAR – Pemerintah kembali menggalakkan program transmigrasi. Kali ini, pemerintah akan mengirimkan 50 kepala keluarga untuk bertransmigrasi ke Desa Data Cut, Jantho, Aceh Barat.

Dengan luas mencapai 200 hektar, daerah itu sebenarnya bisa menampung 700 keplaa keluarga. Namun, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (DPDTT) memilih melakukannya dengan cara bertahap.

Desa Data Cut berjarak sekitar 30 kilometer atau bisa ditempuh 30 menit dari ibukota kabupaten Aceh Barat. Desa ini dulunya masuk kategori daerah hitam pada masa konflik. Namun, kesuburan wilayahnya cocok untuk perkebunan.

“Kondisi Aceh sudah kondusif. Tidak ada yang perlu ditakuti lagi. Masyarakat dan aparat keamanan sudah bisa saling menjaga. Saya datang kemari untuk melihat langsung,” terang Menteri DPDTT, Marwan Jafar, Senin (20/4).

Selain Desa Data Cut, sebenarnya ada desa transmigrasi lain  di Kabupaten Aceh Besar. Yaitu Desa Sukatani yang sejak 1983 lalu dihuni hampir sekitar 200 kepala keluarga berasal dari Pulau Jawa. Namun, konflik membuat desa itu hanya didiami 50 kepala keluarga.

"Kalau seorang menteri sudah pernah datang ke lokasi, berarti kondisi daerah sini sudah aman. Dan bisa dijadikan lokasi transmigrasi. Tapi untuk sementara untuk transmigran lokal. Tapi tidak menutup kemungkinan dari daerah lain juga," ujar Marwan.  (gir/jpnn)

 

 


ACEH BESAR – Pemerintah kembali menggalakkan program transmigrasi. Kali ini, pemerintah akan mengirimkan 50 kepala keluarga untuk bertransmigrasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News