Julie Estelle Nonton Filkop Gandeng Wawan

Julie Estelle Nonton Filkop Gandeng Wawan
Julie Estelle (kanan) bersama salah seorang tunanetra yang nonton film Filosofi Kopi di Blok M Square, Minggu (26/4). Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

JULIE Estelle, 26, ikut nonton bareng Filosofi Kopi (Filkop) dalam bioskop bisik di Blok M Square, Jakarta Selatan, kemarin (26/4).
 
Bioskop bisik adalah kegiatan nonton film yang penontonnya tunanetra. Mereka akan mendapat bisikan alias penjelasan dari relawan di sebelahnya mengenai film yang ditonton.

Julie kemarin datang bersama sejumlah penyandang tunanetra yang ingin menonton film karya sutradara Angga Dwimas Sasongko itu. Dia adalah pemeran El di film tersebut.
 
Adik kandung Cathy Sharon itu tiba di lokasi bersama Wawan, seorang tunanetra yang akan menonton filmnya. Aktris yang juga berperan di film The Raid 2: Berandal tersebut menggandeng tangan Wawan.

Mereka berjalan perlahan-lahan sambil berbincang santai. Keduanya sesekali juga tertawa lepas seperti sahabat lama yang reuni.
 
Datang bersama seorang pria tunanetra, Julie lebih banyak melihat ke lantai. Dia cemas jika kawan yang digandeng tersebut tiba-tiba tersandung.

Tugasnya sukses setelah berhasil mengantarkan pria itu duduk di kursi bioskop, tepat bersebelahan dengannya. Julie kemarin menjadi salah satu volunteer atau sukarelawan di bioskop bisik.
 
"Di bioskop bisik ini, kita nonton bareng. Jadi, saya sama teman saya (tunanetra), sambil saya bisikin ke telinganya dia, seperti deskripsiin suasana dan adegan filmnya seperti apa," jelas Julie.
 
Benar saja, ketika film diputar, suasana di dalam bioskop lebih ramai dari bioskop pada umumnya. Sebab, terdengar suara lirih sejumlah relawan yang mulai membisikkan deskripsi film kepada para penonton.
 
Julie pun demikian. mantan kekasih Moreno Soeprapto tersebut tampak membisikkan sesuatu ke kawan tunanetranya. Suasana itu berlangsung hingga film berakhir. Artis berdarah Prancis tersebut sangat senang menjadi salah satu relawan bioskop bisik.

Melalui kegiatan itu, Julie mendapat wawasan baru. "Dulu, aku mengira hiburan visual hanya bisa dinikmati orang yang bisa melihat, ternyata dengan cara ini menjadi tidak terbatas. Bisa dinikmati siapa saja," jelasnya.
 
Artis yang memulai debut layar lebarnya melalui Alexandria tersebut menceritakan, membantu para tunanetra untuk menikmati filmnya tidak terlalu sulit. "Karena sebelumnya ada briefing. Kita cuma perlu mendeskripsikan filmnya, tapi nggak harus detail juga," paparnya.
 
Dia berharap kegiatan bioskop bisik lebih sering dilakukan supaya lebih banyak film yang"bisa dinikmati para tunanetra. "Semoga bisa ikut nonton bioskop bisik kaya gini lagi," ucapnya. (dod/c15/jan)


JULIE Estelle, 26, ikut nonton bareng Filosofi Kopi (Filkop) dalam bioskop bisik di Blok M Square, Jakarta Selatan, kemarin (26/4).   Bioskop


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News