Data BPS: Wisatawan Mancanegara Naik, Tembus 2,3 Juta

Data BPS: Wisatawan Mancanegara Naik, Tembus 2,3 Juta
Data BPS: Wisatawan Mancanegara Naik, Tembus 2,3 Juta. Foto JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data baru soal kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia di kuartal pertama tahun 2015.

Di saat pertumbuhan ekonomi sedang susah, angka pelancong nasional justru naik. Dari Januari sampai Maret 2015, tembus 2,3 juta orang, atau naik 3,51 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, yang angkanya 2,22 juta.

Angka itu, amat melegakan, karena trend pariwisata sudah mempertontonkan detak yang positif. Bulan Maret 2015 saja, sudah 789,6 ribu, atau naik 3,13 persen dibandingkan dengan Maret 2014.

“Yang paling besar originasi kenaikannya adalah China. Destinasinya Bali dan Batam. Ini klop dengan marketing Kemenpar yang mulai gencar ke Tiongkok,” sebut Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Data kenaikan itu sebenarnya tidak begitu mengagetkan, karena sejak awal Januari 2015, Menpar Arief Yahya sudah gencar marketing ke pasar Tiongkok. Sampai-sampai, salah satu Menteri terbaik dalam 100 hari kerja Kabinet Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla versi Man’s Obsession 2015 itu melakukan kunjungan langsung ke beberapa stakeholder pariwisata di Beijing. Saat itu pula Menpar juga  menemui Chairman of China National Tourism Administration (CNTA), Li Jin Zao.

Kala itu, 11 Januari 2015, Arief menyebutkan bahwa turis China yang ke Indonesia 2014 baru sekitar 883.725 orang. Jumlahnya mirip dengan orang Indonesia yang ke Tiongkok, di angka 700 ratus ribuan.

Potensi turis dari Tiongkok untuk lebih banyak ke Indonesia sangat terbuka, begitu pun sebaliknya.

“100 juta orang lebih orang Tiongkok yang berlibur setiap tahunnya ke luar negeri. Makin banyak orang berduit di China yang memiliki kemampuan untuk berwisata ke luar negeri,” kata dia.

JPNN.com JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data baru soal kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia di kuartal pertama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News