4 Hari lagi, Jokowi Resmikan Green Port Pertama di Indonesia

4 Hari lagi, Jokowi Resmikan Green Port Pertama di Indonesia
4 Hari lagi, Jokowi Resmikan Green Port Pertama di Indonesia

jpnn.com - JAKARTA – Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal meresmikan langsung Terminal Teluk Lamong, Pelabuhan Tanjung Perak, pada Jumat (22/5) mendatang. Pelabuhan ini merupakan green port pertama yang dimiliki Indonesia.

“Dalam nuansa peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Presiden Joko Widodo akan hadir di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk meresmikan Terminal Teluk Lamong,” ujar Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Yon Irawan dalam siaran persnya, Senin (18/5)

Selain Terminal Teluk Lamong, Jokowi juga akan meresmikan proyek revitalisasi Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS). kedua proyek tersebut dikerjakan Pelindo III tanpa menggunakan dana APBN.

"Sesuai dengan konsep ramah lingkungan, peralatan modern di Terminal Teluk Lamong akan dioperasikan dengan bahan bakar gas. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang mendorong penggunaan bahan bakar gas,” ungkap Yon.

Pembangunan terminal yang merupakan perluasan Pelabuhan Tanjung Perak tersebut akan terus dikembangkan hingga luas lapangan penumpukan petikemas mencapai 88 hektar. Selain itu, lapangan penumpukan curah kering seluas 26 hektar.

Di sisi lain, fasilitas dermaga di Terminal Teluk Lamong nantinya dapat disandari kapal-kapal berukuran lebih besar dari yang sebelumnya. Untuk kedalaman dermaga akan terintegrasi dengan revitalisasi APBS yang telah diperdalam menjadi minus 13 meter LWS.

“Kesiapan kapasitas tersebut untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan di Pelabuhan Tanjung Perak. Peresmian Terminal Teluk Lamong dan revitalisasi Alur Pelayaran Barat Surabaya diharapkan dapat mendorong kesiapan Greater Surabaya Metropolitan Port untuk mendukung peningkatan sistem logistik nasional,” harap Yon. (chi/jpnn)

 


JAKARTA – Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal meresmikan langsung Terminal Teluk Lamong, Pelabuhan Tanjung Perak, pada Jumat (22/5) mendatang.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News