Tak Ada Dana Seleksi CPNS

Tak Ada Dana Seleksi CPNS
Tes CPNS dengan sistem CAT. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - PARA peminat kursi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah tentu kecewa. Kebijakan penerimaan CPNS berubah-ubah, yang terbaru diumumkan tahun ini tidak ada rekrutmen abdi negara itu.

Jauh hari sebelumnya, dinyatakan moratorium penerimaan CPNS. Lantas dibumbui kata "terbatas", penerimaan selektif, untuk jabatan-jabatan tertentu. Kemudian disebutkan bulan Agustus tes CPNS.

Harapan adanya peluang menjadi CPNS sirna saat pejabat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memastikan tahun ini tidak ada penerimaan CPNS dan baru dibuka lagi 2016.

Apa yang menjadi dasar kebijakan itu? Berikut petikan wawancara JPNN Mesya Muhammad dengan Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM KemenPAN-RB, Bambang Dayanto Sumarsono, di Jakarta, Senin (15/6).

Moratorium CPNS jadi diberlakukan tahun ini Pak?

Iya, kan sesuai arahan presiden dan wapres yang disampaikan lewat Pak Menteri Yuddy, moratorium CPNS dimulai tahun 2015.

Tapi menurut Pak Menteri tidak semua dimoratoriumkan. Ada jabatan-jabatan tertentu seperti tenaga pendidik, kesehatan, tenaga hukum tetap dibuka, lantas bagaimana kebijakan pemerintah yang sebenarnya?

Memang benar jabatan-jabatan tertentu tetap dibuka. Namun khusus tahun ini, secara teknis sangat riskan dilaksanakan. Data kepegawaian yang disampaikan lewat e-formasi belum semuanya dianalisa karena data yang diajukan instansi tidak semuanya sesuai format KemenPAN-RB

PARA peminat kursi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah tentu kecewa. Kebijakan penerimaan CPNS berubah-ubah, yang terbaru diumumkan tahun ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News