Palsukan Laporan Penumpang untuk Raup Untung, 2 Pejabat Merpati Jadi Tersangka

Palsukan Laporan Penumpang untuk Raup Untung, 2 Pejabat Merpati Jadi Tersangka
Palsukan Laporan Penumpang untuk Raup Untung, 2 Pejabat Merpati Jadi Tersangka

jpnn.com - JAKARTA - Kejaksaan Agung menetapkan dua pejabat teras PT Merpati Nusantara Airline (MNA) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi rekayasa penjualan tiket Merpati, selama 2010 - 2013. Dua tersangka yang diperkirakan telah merugikan negara miliaran rupiah itu adalah Hendro Cahyono dan Bambang Prajoko.

Kasubdit Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung Sarjono Turin mengatakan, penetapan keduanya sebagai tersangka setelah tim penyelidik memiliki dua alat bukti yang cukup dan sah untuk meningkatkan ke penyidikan. 

"Dinaikkan awal pekan ini," tegas Turin saat dihubungi, Sabtu (27/6). Hanya saja jaksa yang pernah bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi itu mengaku belum bisa memastikan apakah dua tersangka itu akan segera dijebloskan ke tahanan.

"Para tersangkanya saja belum diperiksa, bagaimana mau ditahan," paparnya. 

Sarjono mengatakan bahwa kasus ini modusnya sangat sederhana. Yakni dengan cara merekayasa jumlah penumpang yang berangkat. Penumpang yang berangkat direfund atau dalam laporan keuangan dibuat seolah-olah ada beberapa penumpang yang membatalkan penerbangannya. 

Sehingga, invoice penjualan tiket itu dikurangi jumlah penumpang. Kecurangan itu selama tahun ‎2010-2013. Selama kurang waktu itu, diduga miliaran rupiah diraup oleh para tersangka. (boy/jpnn)


JAKARTA - Kejaksaan Agung menetapkan dua pejabat teras PT Merpati Nusantara Airline (MNA) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi rekayasa penjualan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News