Pemerintah Terus Dorong Pengembangan Kawasan Industri di Luar Jawa

Pemerintah Terus Dorong Pengembangan Kawasan Industri di Luar Jawa
Pemerintah Terus Dorong Pengembangan Kawasan Industri di Luar Jawa

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perindustrian terus berupaya mengembangkan kawasan industri di luar Jawa. Tujuannya agar kawasan industri tak terpusat di Jawa dan ada pusat pertumbuhan baru.

Menurut Menteri Perindustrian Saleh Husin, sampai saat ini Indonesia memiliki 47 kawasan industri dengan total luas lahan mencapai 30 ribu hektar. “Tapi lokasi kawasan industri itu 67 persen di antaranya masih terpusat di Jawa. Ini yang akan pemerintah ubah agar penyebarannya merata," kata Saleh di Jakarta, Kamis (16/7).

Menteri asal Hanura itu menjelaskan, pemerintah telah menyusun arah kebijakan sektor industri nasional. Selain itu, pemerintah juga terus mendorong penumbuhan populasi industri serta peningkatan daya saing dan produktivitas khususnya bagi industri di luar Jawa.

“Pemerintah akan bekerja keras mendorong  pembangunan kawasan-kawasan industri baru terutama di luar Jawa sebagai bagian dari pemerataan industri,” tegasnya.

Karenanya Saleh mengharapkan penyebaran industri di luar Jawa meningkat dari saat ini yang hanya 27,22 persen menjadi menjadi 40 persen pada 2035 nanti.  Guna mencapai target itu, katanya, pemerintah telah menetapkan 14 kawasan industri prioritas yang dibangun di luar Jawa.

Di antara 14 kawasan industri baru itu, tujuh di antaranya ada di kawasan timur, sedangkan sisanya di kawasan barat. "Pembangunan kawasan industri baru akan diarahkan untuk bisa tumbuh menjadi kota-kota industri baru yang mandiri dan modern," pungkasnya.(esy/jpnn)

 


JAKARTA - Kementerian Perindustrian terus berupaya mengembangkan kawasan industri di luar Jawa. Tujuannya agar kawasan industri tak terpusat di Jawa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News