Bundaran HI Normal, Demo Buruh Dipindahkan ke Sini

Bundaran HI Normal, Demo Buruh Dipindahkan ke Sini
Kondisi lalu lintas di bundaran HI yang relatif normal meski banyak buruh yang akan menyerbu Jakarta. FOTO: Gilang/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Arus lalu lintas di Bundaran Hotel Indonesia ternyata masih normal, meskipun akan ada aksi demontrasi yang digelar buruh se-Jabodetabek, pada hari ini (1/9). 

Sejatinya, sekitar pukul 09.33 WIB, sejumlah massa buruh sudah berada di Bundaran HI. Beberpa yang berkumpul di sana di antaranya adalah massa dari FSPMI (Federasi serikat pekerja metal Indonesia). Mereka berdiri di trotoar dekat Hotel Kempinski. 

Nah, agar keberadaan mereka tak mengganggu lalu lintas, polisi pun akhirnya memindahkan titik kumpul para buruh itu di sekitaran patung kuda jalan Thamrin-Merdeka Barat. "Setelah kemarin negosiasi kemarin kami pindahkan ke patung kuda," ungkap Kapolsek Menteng AKBP Dedy Tabrani.

Sementara itu beberapa buruh menerangkan soal aksi yang dilakukannya. "Kami memang mengarahkan massa ‎aksi ke patung kuda. Titik kumpul di sana," kata Jono, salah satu anggota FSPMI, di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (1/9).

Jono menyatakan, ada beberapa tuntutan yang akan disampaikan buruh‎ pada aksi hari ini. Salah satunya adalah penolakan terhadap upah murah. Kemudian para buruh juga meminta perbaikan BPJS.

Jono mengatakan, para buruh juga menolak masuknya buruh asing. Pasalnya, kedatangan buruh asing memberikan kerugian bagi buruh Indonesia. "Karena buruh kita banyak ter-PHK," ucapnya. (gil/ jpnn)


JAKARTA - Arus lalu lintas di Bundaran Hotel Indonesia ternyata masih normal, meskipun akan ada aksi demontrasi yang digelar buruh se-Jabodetabek,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News