Soal Seleksi Capim KPK , DPR Minta Data Bareskrim

Soal Seleksi Capim KPK , DPR Minta Data Bareskrim
dok.jpnn

jpnn.com - JAKARTA- Anggota Komisi III DPR, Masinton Pasaribu, ingin memastikan dalam proses seleksi calon pimpinan KPK di DPR benar melalui uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). Untuk itu, mereka juga meminta data dari Bareskrim Polri.

Langkah itu dilakukan supaya para capim yang nantinya batal dipilih oleh DPR benar-benar bisa dipastikan bagaimana rekam jejak mereka.

"DPR pasti menyakan, karena menyangkut FNP. Orang yang batal kita pilih nanti harus kita ketahui rekam jejaknya. Walau sudah diloloskan pansel kan masih ada seleksi akhir di DPR. Kita akan minta data ke Bareskirim," kata Masinton di gedung DPR Jakarta, Senin (1/9).

Terkait polemik nama capim KPK yang ditetapkan tersangka di Bareskrim Polri, namun namanya tidak kunjung diungkap, politikus PDI Perjuangan itu menilai tidak ada keharusan bagi Bareskrim mengungkapnya ke publik.

"Tidak ada kewajiban dalam KUHAP bahwa tersangka nama namanya harus diumumkan. Gak ada. KUHAP tidak megatur, nama itu cukup diberikan ke pansel (KPK). Gak ada kewajiban Bareskrim menyampaikan itu walau bisa dibilang ketidak konsistenan poliisi," pungkasnya.(fat/jpnn)  

 


JAKARTA- Anggota Komisi III DPR, Masinton Pasaribu, ingin memastikan dalam proses seleksi calon pimpinan KPK di DPR benar melalui uji kepatutan dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News