Jokowi Minta Relokasi Korban Sinabung Tuntas Akhir 2015

Jokowi Minta Relokasi Korban Sinabung Tuntas Akhir 2015
Kawasan sekitar Gunung Sinabung pascaerupsi. Foto: dok. JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Presiden Joko Widodo menerbitkan Keppres Nomor 21 tahun 2015 tentang Satuan Tugas Percepatan Relokasi Korban Terdampak Bencana Erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumut.

Dengan adanya keppres itu, Jokowi meminta penanganan relokasi Sinabung selesai pada akhir 2015.

"Untuk semuanya saya harapkan akhir tahun selesai. Saya sudah tanda tangani perpres mengenai penanganan Sinabung. Warga sudah terlalu lama tidur di lokasi pengungsian," ujar Jokowi saat memimpin rapat membahas bencana erupsi Sinabung di kantor presiden, Jakarta, Senin (21/9).

Terkait pelaksanaan keppres itu, Jokowi  menugaskan Pangdam Bukit Barisan untuk  mengawasi percepatan penyelesaiannya.

Mantan Wali Kota Solo itu juga meminta agar relokasi dan pembangunan rumah pengungsi melibatkan para pengungsi itu sendiri, sehingga menimbulkan rasa memiliki dalam diri mereka.  “Segera tentukan lokasi untuk relokasi pengungsi‎,” imbuhnya.

Jokowi juga mengingatkan kepala daerah di wilayah tersebut untuk aktif mengawal penanganan relokasi warga dari pengungsian. Termasuk, memberi anggaran prioritas untuk pembangunan infrastruktur di tempat relokasi. (flo/jpnn)

 


JAKARTA--Presiden Joko Widodo menerbitkan Keppres Nomor 21 tahun 2015 tentang Satuan Tugas Percepatan Relokasi Korban Terdampak Bencana Erupsi Gunung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News