Waduh, Dana PMN BUMN yang Cair Baru Rp 17 Triliun

Waduh, Dana PMN BUMN yang Cair Baru Rp 17 Triliun
Menteri BUMN, Rini Soemarno. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sejumlah perusahaan pelat merah hingga saat ini banyak yang belum menerima dana pencairan Penyertaan Modal Negara (PMN) 2015. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, dari total Rp 41 triliun PMN, baru bisa cair sebesar Rp 17,5 triliun.

"Total pencairan PMN Rp17,5 triliun, itu kebanyakan dari BUMN infrastruktur, seperti Hutama Karya, Waskita Karya dan PT Adhi Karya," ujar Rini di DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (1/10) petang.

Dua minggu ke depan sambung Rini, ada tiga perusahaan pelat merah yang akan segera cair dana PMN nya, yakni Perum Bulog, PT PAL dan PT PPA.

"Nilai totalnya Rp9 triliun, proses pencairannya sudah di Kemenkeu. Diharapkan dua minggu lagi bisa cair," harap Rini.

Sementara sisa dana PMN lainnya ditargetkan bisa cair di akhir 2015. Karena itu, untuk mempercepat proses pencairan dana PMN BUMN, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Kementerian Keuangan.

Mengingat dana tersebut dibutuhkan untuk memperlancar program perusahaan pelat merah yang sudah dianggarkan mendapat PMN.

"Sehingga tinggal menunggu jadwal dari Kemenkeu yang akhir tahun semua (dana PMN) bisa cair," harap mantan menteri perindustrian ini. (chi/jpnn)

JAKARTA - Sejumlah perusahaan pelat merah hingga saat ini banyak yang belum menerima dana pencairan Penyertaan Modal Negara (PMN) 2015. Menteri Badan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News