67,4 Persen Publik Anggap Ekonomi Nasional Buruk

67,4 Persen Publik Anggap Ekonomi Nasional Buruk
Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Perekonomian nasional sedang memburuk saat ini. Hal ini juga terbukti dari hasil survei yang dilakukan Indo Barometer di 34 provinsi.

Sebanyak 67,4 persen dari 1.200 responden menyatakan perekonomian nasional tergolong buruk.

“Yang menilai perekonomian nasional tidak terlalu buruk atau sedang hanya 22,3 persen,” ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari di Jakarta Selatan, Kamis (8/10).

Sementara itu, kata Qodari, yang menilai ekonomi membaik hanya 8,1 persen. Dalam survei itu tidak ditanyakan alasan responden menilai kondisi ekonomi saat ini.

Namun, menurut Qodari, kemungkinan besar itu karena adanya kenaikan harga BBM dan melemahnya rupiah beberapa bulan terakhir.

Menurutnya, berdasarkan survei itu juga terjadi gradasi perbedaan penilaian terhadap kondisi nasional dan kondisi ekonomi rumah tangga. Yang menilai keadaan ekonomi rumah tangga buruk sekarang hanya 44,1 persen. Sisanya, menilai situasi sedang sebanyak 38,8 persen dan yang menganggap kondisi rumah tangga baik sebesar 15 persen.

Dari perbedaan itu, ujar Qodari, sikap pesimistis lebih tampak pada kondisi ekonomi nasional dibanding ekonomi pada tingkat rumah tangga.

“Di sisi lain, optimistis publik terhadap kondisi ekonomi di masa yang lebih baik, lebih tinggi daripada anggapan bahwa ekonomi akan memburuk,” tandas Qodari.(flo/jpnn)


JAKARTA – Perekonomian nasional sedang memburuk saat ini. Hal ini juga terbukti dari hasil survei yang dilakukan Indo Barometer di 34 provinsi.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News