Tegakkan Hukum, Kejagung Diingatkan Taat pada KUHAP

Tegakkan Hukum, Kejagung Diingatkan Taat pada KUHAP
Tegakkan Hukum, Kejagung Diingatkan Taat pada KUHAP

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Syarifuddin Sudding mengingatkan Kejaksaan Agung harus taat hukum dalam menegakkan hukum. Menurutnya, mekanisme harus menjadi kaidah yang dijunjung tinggi oleh penegak hukum. 

"Saya kira, ketika itu didasarkan pada suatu proses mekanisme yang ada dalam konteks penegakan hukum, saya kira sah-sah saja," terang Anggota Komisi III DPR RI, Syarifuddin Sudding, di Gedung DPR RI, Senayan, Kamis (15/10).

Pernyataan ini disampaikan Syarifuddin menanggapi aksi Kejaksaan Agung yang melakukan penggeledahan kembali pasca kalah dalam sidang praperadilan kasus PT Victoria Securities Indonesia (VSI). Penggeledahan ini merupakan upaya korps Adhiyaksa menyidik kasus dugaan korupsi pembelian aset badan Penyehatan Perbankkan Nasional (BPPN). 

Pengeledahan ini sebelumnya diungkap Kuasa Hukum VSI, Peter Kurniawan. Ia mengatakan bahwa penggeledahan tim Kejagung tanpa dilengkapi surat geledah dari pengadilan. 

Sebelum melihat lebih jauh soal penggeledahan kembali tersebut, Komisi III akan mendalami kasus dugaan korupsi pembelian aset BPPN. Setelah ada kejelasan, berikut kemungkinan Kejaksaan melakukan pelanggaran, Komisi III melangkah lagi ke penggeledahan kembali yang dilakukan Kejaksaan.

"Kita lihat dulu apa yang dipersoalkan di prapreadilan itu, lalu kita melihat langkah hukum apa yang diperbuat kemarin itu, apakah sudah sesuai atau tidak," jelas Syarifuddin. 

Syarifuddin menjelaskan, langkah yang dilakukan institusi penegak hukum didasarkan mekanisme sebagaimana diatur KUHAP. Aturan itu harus dipegang secara utuh tidak sepotong-potong. Dalam hal penggeledahan misalnya, ditegaskan disitu harus berdasarkan surat penetapan dari pengadilan.

"Penggeledahan itu akan kita lihat, apakah berdasarkan surat penetapan pengadilan atau tidak. Kalau tidak berdasarkan surat penetapan pengadilan, itu berarti ada proses mekanisme yang dilangkahi, dilanggar. Jangan menegakkan hukum tapi melanggar hukum," katanya. (jpnn) 


JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Syarifuddin Sudding mengingatkan Kejaksaan Agung harus taat hukum dalam menegakkan hukum. Menurutnya, mekanisme


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News