Presiden Jokowi: Paket Kebijakan Bisa Sampai Jilid 400

Presiden Jokowi: Paket Kebijakan Bisa Sampai Jilid 400
Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. Foto: Agus W/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Hari ini pemerintah berencana mengeluarkan paket kebijakan ekonomi jilid V. Penegasan tersebut disampaikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan rapat kerja dengan kepala daerah seluruh Indonesia, di Istana Negara, Jakarta, kemarin (21/10).

Presiden menyatakan, beragam paket akan terus dikeluarkan dengan cakupannya masing-masing. Ada yang untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.

”Semuanya akan terus kami keluarkan. Paket ekonomi kesatu, dua, tiga, empat, lima, enam, dan nanti bisa sampai ke-100, ke-200, ke-400,” kata Presiden Jokowi.

Untuk hal tersebut, presiden mengungkapkan kalau telah menugaskan tim ekonomi agar setiap satu atau dua pekan sekali agar mengeluarkan paket kebijakan. ”Tidak lain, paket-paket kebijakan itu untuk memotong perizinan bagi investor dan sebagainya,” imbuh Jokowi.

Di depan para kepala daerah, presiden juga menggarisbawahi kalau semua paket yang telah dikeluarkan pemerintah pusat penting untuk diikuti pemerintah daerah. Jangan sampai, dia menekankan, kemudahan dan kecepatan yang telah disiapkan pusat justru dihambat di daerah.

”Di sini (pusat, Red) sudah cepat, tetapi di daerah masih di-ping pong. Harus juga dibuat simple, (dibuat) sederhana lagi,” tandasnya.

Tindak lanjut pemerintah daerah atas paket kebijakan ekonomi, menurut presiden, nantinya bisa diadopsi dalam peraturan-peraturan yang ada. Baik itu lewat peraturan gubernur, peraturan bupati, ataupun peraturan walikota.

"Kita ini sudah keduluan Vietnam yang cepat sekali, pertumbuhan kalah dengan India. Nah, kalau tidak mau me-reform, mengubah, ya akan ditinggal betul,” ujar presiden.

JAKARTA – Hari ini pemerintah berencana mengeluarkan paket kebijakan ekonomi jilid V. Penegasan tersebut disampaikan langsung Presiden Joko

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News