Beginilah Prosedur Perpanjangan SIM Online, 15 Menit Kelar

Beginilah Prosedur Perpanjangan SIM Online, 15 Menit Kelar
Warga mengurus perpanjangan SIM secara online. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SURABAYA – Launching layanan SIM online kemarin digelar di Taman Bungkul, Surabaya. Begitu tombol sirene tanda program dimulai ditekan, stan pelayanan perpanjangan SIM langsung dipenuhi warga pendatang. Mereka merasa terbantu dengan program yang sementara masih tersedia di 45 satpas tersebut.

”Ini cukup praktis. Saya tidak perlu pulang ke Bali,” ungkap Jessi Jessica Ely, pemohon perpanjangan SIM. Mahasiswi asal Denpasar Selatan itu merasa puas dengan pelayanan ramah polisi. Gadis 23 tahun tersebut juga senang karena pengurusan tidak memakan waktu lama.

Setelah mendaftar, Jessi mendapat nomor antrean 2. Begitu masuk ke dalam stan tersebut, dia langsung dites warna oleh petugas. Dia mengisi formulir. Lalu, duduk dan menunggu proses foto serta identifikasi sidik jari.

Ada sedikit permasalahan teknis saat sesi pemotretan. Meski kamera sudah menjepret foto setengah badan Jessi, komputer tidak bisa memuatnya. Setelah dicari tahu, problem itu ternyata disebabkan kapasitas memori untuk menyimpan gambar terlalu besar.

 ”Untung, ada program ini. Soalnya SIM saya mati sejak Juni dan belum bisa pulang,” kata Jessi sambil menunjukkan SIM A baru miliknya.

Meski sempat mengalami kendala teknis, mahasiswi kedokteran gigi tersebut membutuhkan waktu tidak lebih dari 15 menit untuk bisa memegang SIM baru. Setelah itu, stan perpanjangan SIM online terus didatangi pemohon.

Pendapat senada disampaikan M. Hambali. Dia sengaja datang ke Taman Bungkul untuk mengantar istrinya yang ingin mengetahui aturan perpanjangan SIM online. Pria 28 tahun itu mengatakan, program tersebut bisa menghemat waktunya.

”Kebetulan istri saya asal Jogja. Belum akan memperpanjang kok. Cuma setelah tahu ini, saya nggak perlu nganterin dia ke Jogja kalau SIM-nya habis,” katanya.

SURABAYA – Launching layanan SIM online kemarin digelar di Taman Bungkul, Surabaya. Begitu tombol sirene tanda program dimulai ditekan, stan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News