Keren! Rekor Selendang Terpanjang di Dunia Ada di Tasikmalaya

Keren! Rekor Selendang Terpanjang di Dunia Ada di Tasikmalaya
Selendang bordir terpanjang yang dibawa oleh 40 orang, saat bersiap memasuki area panggung utama TCF. Foto: Astri Puspitasari/KP

jpnn.com - AJANG Tasik Carnaval Festival (TCF), Minggu (6/12) menorehkan rekor unik. Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mencatat, selendang bordir terpanjang di dunia ada di Tasikmalaya.

Retno DP, Radar Tasikmalaya

Selendang terpanjang itu dikerjakan oleh enam orang pengerajin Wirausaha Bank Indonesia (WUBI), pada acara puncak TCF.

Senior Manager MURI Awan Rahargo mengatakan, selendang bordir terpanjang ini merupakan rekor terbaru yang dicatat oleh MURI. “Di tahun 2004 ada selendang dengan panjang 154 meter, dan di tahun 2015 ini rekor baru sudah dicatatkan Tasikmalaya dengan panjang 201,83 meter,” ujarnya.

Awan mengatakan, selendang bordir ini merupakan karya yang luar biasa karena dibuat secara manual dan hanya dikerjakan oleh enam orang dengan waktu pembuatan selama satu setengah bulan.

“Bahannya terbuat dari sifon, dengan berat 30 kilogram, dan memiliki lebar 64 centi meter. MURI tidak hanya mencatat sebagai selendang terpanjang di Indonesia saja, melainkan di dunia,” terangnya.

Alasannya, lanjut Awan, karena selendang bordir ini hanya ada di Tasikmalaya dengan jenis bordir kerancang tawon dan motif gacluk semprot. “Kami mengapresiasi kepada Tasikmalaya khususnya Bank Indonesia karena telah menggagas selendang bordir ini,” tuturnya.

Kepala Perwakilan BI Jawa Barat Rosmaya Hadi mengatakan, di TCF 2015 ini dirinya mulai melihat sesuatu yang positif di Tasik. “Tahun ini jauh lebih baik, terlihat kolaborasi antara institusi baik perbankan maupun yang lainnya pun lebih bersinergi, yang merupakan pemain dalam mendorong perekonomian di Tasik ini,” ujarnya. (retno/adk/jpnn)


AJANG Tasik Carnaval Festival (TCF), Minggu (6/12) menorehkan rekor unik. Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mencatat, selendang bordir terpanjang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News