10 Nama Calon Dewan Pengawas BPJS Kesehatan

10 Nama Calon Dewan Pengawas BPJS Kesehatan
Dede Yusuf. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf mengatakan pihaknya telah memulai menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) untuk calon Dewan Pengawas (Dewas) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Sepuluh calon diseleksi menjadi lima orang dan ditetapkan menjadi Dewan Pengawas BPJS melalui Keputusan Presiden.

"Sepuluh calon yang diuji ini terdiri dari unsur pekerja, unsur pemberi kerja dan unsur tokoh masyarakat," kata Dede, di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Senin (18/1).

Mantan Wagub Jawa Barat ini berharap, kelima orang yang terpilih nanti benar-benar mampu bekerja secara independen, berintegritas dan kritis karena nantinya mereka harus memahami setiap permasalahan sampai ke hal-hal terkecil.

"Indepedensi dewan pengawas ini maksudnya tidak berada di bawah direksi, sebab mereka bekerja melaksanakan pengawasan," tegasnya.

Dede berharap, nantinya bukan hanya sekadar memberi pekerjaan pada pengawas, tetapi Dewan Pengawas bekerja dengan baik sesuai dengan amanat UU tentang BPJS Kesehatan antara lain mengawasi kinerja manajemen direksi dan managerialnya, termasuk mengawasi aturan-aturan, iuran, maupun premi serta Dewan Pengawas juga melakukan koreksi terhadap anggaran di samping membuat rekomendasi.

Karena itu, dalam seleksi ini Komisi IX DPR akan melihat sejauh mana kemampuan calon menguasai permasalahan dan memberi solusinya. "Permasalahan yang ada cukup banyak termasuk soal pembayaran klaim, mereka harus mengerti ini," kata politikus Partai Demokrat ini.

Kesepuluh orang yang menjalani uji kelayakan ini merupakan calon terbaik yang diajukan Presiden Jokowi lewat Surat Presiden RI nomor: R-74/Pres/12/2015 pada 12 Desember 2015 lalu.

JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf mengatakan pihaknya telah memulai menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News