Perhatikan 4 Hal Sebelum Menentukan Sekolah Anak

Perhatikan 4 Hal Sebelum Menentukan Sekolah Anak
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Orang tua dituntut lebih jeli ketika menentukan sekolah untuk sang buah hati. Kualitas pendidikan, termasuk kurikulum yang diterapkan, kapasitas tenaga pendidik, serta budaya di sekolah menjadi faktor utama bagi orang tua.

Namun, orang tua juga harus mengetahui kemampuan dan kebutuhan anak. Yakni, perjalanan pendidikan yang dilalui mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi

“Dalam menentukan perjalanan pendidikan untuk anak, orang tua perlu mempertimbangkan dan memastikan apakah selama pendidikan tersebut anak akan mengikuti  proses pembelajaran yang mampu  menyesuaikan dengan gaya belajar anak, memovitasi anak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan tanpa merasa tertekan,” ujar praktisi pendidikan Bambang Irianto, Kamis (21/1).

“Perjalanan pendidikan itulah yang akan mampu membekali anak dengan pengetahuan, keterampilan dan pembentukan sikap sehingga sukses menghadapi persaingan baik di dalam maupun di luar negeri,” tambah Bambang.

Di Indonesia, sistem pendidikan mengacu beberapa kurikulum. Di antaranya ialah kurikulum nasional, Cambridge, dan International Baccalaureate (IB).

“Saat anak sudah menapaki sistem pendidikan tertentu pada perjalanan pendidikannya, orang tua perlu memastikan bahwa si anak mampu menyelesaikan pendidikan dalam sistem tersebut secara berkesinambungan dan utuh, dari Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi” tambah Bambang Irianto.

Selain itu, orang tua juga harus mempertimbangkan beberapa hal. Di antaranya ialah berikut ini:

1.       Perkembangan yang Holistik dan Terpadu

JAKARTA – Orang tua dituntut lebih jeli ketika menentukan sekolah untuk sang buah hati. Kualitas pendidikan, termasuk kurikulum yang diterapkan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News