Kebakaran Meluas, 30 Hektare Hutan Rusak

Kebakaran Meluas, 30 Hektare Hutan Rusak
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - SANGATTA – Kebakaran hutan di Kecamatan Muara Ancalong yang terjadi hingga Selasa (9/2) kemarin semakin meluas. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Timur, sebanyak 30 hektare hutan dan lahan rusak.

Tak hanya itu, kejadian tersebut juga mengakibatkan cagar alam Sedulang rusak. Proses pemadaman api yang melibatkan Kodim 0909 Sangatta, Manggala Agni Pasir, Dinas Kehutanan (Dishut), Batalion Awang Long, Rudal Bontang, Koramil, Polsek, warga dan BPBD berlangsung cukup lama.

“Sebelumnya api merembet hingga Desa Senyiur, Long Ma, Long Po, dan beberapa desa lainnya. Tapi info yang kami terima hari ini (Kemarin, Red) sudah menjalar sampai perbatasan Kecamatan Muara Bengkal dan Kutai Kartanegara (Kukar),” jelas Kepala BPBD Kutim Zainuddin Aspan.

Dia menerangkan, proses pemadaman berlangsung cukup lama karena kawasan hutan yang terbakar sebagian di antaranya merupakan lahan gambut.

“Sudah delapan hari kebakaran hutan ini. Apakah warga yang bakar, atau terbakar sendiri, kami tidak tahu. Yang jelas, hingga saat ini tim masih berada di lokasi dan belum tahu kapan pulang,” ujar Aspan. (aj/jos/jpnn)

 


SANGATTA – Kebakaran hutan di Kecamatan Muara Ancalong yang terjadi hingga Selasa (9/2) kemarin semakin meluas. Berdasarkan data Badan Penanggulangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News