Tak Berjasa Menangkan Jokowi, Menteri Biang Gaduh Dicurigai Punya Agenda Sendiri

Tak Berjasa Menangkan Jokowi, Menteri Biang Gaduh Dicurigai Punya Agenda Sendiri
Politikus PDIP TB Hasanuddin. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Kegaduhan antara Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Alam, Rizal Ramli dengan Menteri ESDM Sudirman Said terkait polemik pembangunan kilang gas Blok Masela membuat PDI Perjuangan sebagai partai pengusung dan pendukung Presiden Joko Widodo ikut gerah. Pasalnya, kedua menteri itu seolah tidak patuh pada perintah presiden yang beken disapa dengan nama Jokowi itu.

Menurut politikus PDI Perjuangan, TB Hasanudin, sebenarnya bukan kali ini saja Rizal dan Sudirman terlibat polemik secara terbuka. Jokowi bahkan sudah beberapa kali mengingatkan agar para menteri tidak membuat kegaduhan di publik.

“Dulu soal proyek pembangkit, Freeport dan skarang Blok Masela. Melihat kegaduhan yang dilakukan beberapa menteri sebagai pembantu presiden, sepertinya sudah kelewat batas,” ujar Hasanuddin, Minggu (6/3).

Ia menambahkan, mestinya setiap perbedaan di antara menteri bisa diselesaikan di sidang kabinet atau dikoordinasikan secara tertutup. Hasanuddin menegaskan, Jokowi sebenarnya sudah melakukan langkah tepat karena wanti-wanti ke para menteri di Kabinet Kerja agar tidak mengumbar perbedaan di ruang publik.

Sayangnya, kata Hasanuddin, para menteri seolah cuek dan tetap membuat gaduh. “Bahkan lebih gaduh, saling serang secara terbuka maupun menggunakan sarana media sosial,” ujar mantan sekretaris militer kepresidenan itu.

Akibatnya, katanya, kesan yang muncul adalah kabinet yang tidak kompak karena masing-masing pembantu presiden jalan sendiri-sendiri. “Bahkan sering tidak sesuai dengan visi dan misi presiden,” ulasnya.

Selain itu, Hasanuddin juga menganggap kegaduhan itu bisa mengurangi kinerja kabinet dan mendegradasi kewibawaan presiden sebagai kepala pemerintahan. Karenanya, ketua DPD PDIP Jawa Barat itu menyarankan Presiden Jokowi agar bersikap tegas terhadap menteri-menteri yang sulit diatur dan bahkan terkesan punya agenda sendiri.

“Kalau sudah diperingatkan tetap gaduh terus, sebaiknya dicopot saja. Mereka pun toh bukan menteri-menteri yang pernah die hard atau berdarah-darah mendukung Jokowi saat pilpres kemarin,” cetus salah satu tokoh di PDIP yang mendorong Jokowi mau maju di pilpres itu.(ara/JPNN)


JAKARTA - Kegaduhan antara Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Alam, Rizal Ramli dengan Menteri ESDM Sudirman Said terkait polemik pembangunan kilang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News