Tumben...PDIP-PKS Mulai Jajaki Koalisi di DKI

Tumben...PDIP-PKS Mulai Jajaki Koalisi di DKI
Boy Bernadi Sadikin. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Sebuah koalisi tak biasa berpotensi muncul di Pilkada DKI 2017. PDI Perjuangan dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dua partai beda haluan yang selama ini selalu bersebrangan dalam kancah politik ibu kota, mulai menjajaki kemungkinan bersinergi demi kursi DKI 1.

Kemarin, Jumat (11/3), jajaran Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta mendatangani Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Boy Bernadi Sadikin di Jalan Borobudur 2, Menteng, Jakarta Pusat. Pertemuan dimaksudkan untuk menyamakan persepsi terkait pilkada.

Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo akui bahwa pertemuan tersebut merupakan upaya penjajakkan koalisi antara kedua partai. "Kami akan intens komunikasi politik. Untuk buat sejarah koalisi dengan PDI Perjuangan di Jakarta," ujar Syakir.

Dalam kesempatan itu, Syakir ditemani Ketua Dewan Syariah Wilayah (DSW) Abdurahman Suhaimi dan beberapa pengurus lainnya. Sementara Boy didampingi Ketua Bidang Advokat DPD PDI Perjuangan Braja Abdulah.

Syakir juga mengungkapkan bahwa langkah membangun koalisi dengan PDI Perjuangan merupakan arahan langsung dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS. Namun, untuk saat ini kedua pihak belum membicarakan sosok calon yang bakal diusung. "Untuk cagub akan ada komunikasi lagi. Tapi, saya berharap kalau bisa Pak Boy," imbuh dia sambil tersenyum lebar.

Sementara itu, Boy mengatakan bahwa koalisi dengan PKS adalah hal yang biasa dan sangat wajar dilakukan. Pasalnya, sinergi antar partai politik di Jakarta memang sangat diperlukan dalam mewujudkan pembangunan di ibukota.

"Ada arah ke sana. Jangan dipisahin mana nasionalis, mana agamis. Jangan dipisah-pisah. Membangun Jakarta butuh bersama-sama dan kebhinnekaan dari mana-mana," tutur dia.

Putera sulung mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin itu juga menyatakan, meski partainya memenuhi syarat untuk mengusung calon sendiri, namun setiap peluang untuk berkoalisi perlu ditanggapi secara serius. Karena itu, kata Boy, diperlukan penggalangan konsolidasi secara intensif dari parpol yang berpeluang koalisi. 

JAKARTA - Sebuah koalisi tak biasa berpotensi muncul di Pilkada DKI 2017. PDI Perjuangan dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dua partai beda haluan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News