Daerah Ini Layak Jadi Provinsi Baru di Kaltim

Daerah Ini Layak Jadi Provinsi Baru di Kaltim
Ilustrasi. Foto: Radar Tarakan

jpnn.com - SAMARINDA - Direktur Riset Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi (JPIP) Irwan Gani mengatakan, Potensi memecah Kaltim jadi Kalimantan Tenggara layak jadi alternatif.

Hal itu perlu dilakukan untuk membuka pelimpahan kewenangan yang lebih menyejahterakan rakyat. “Ketika ada peluang, kenapa tidak diperjuangkan? Daerah otonomi baru (DOB) itu bagus,” ujar Irwan, Senin (14/3) kemarin.

Di sisi lain, Kutai Utara juga layak berdiri sebagai kabupaten baru. Sebab, daerah itu memiliki daya dukung sumber daya alam, perkebunan, dan industri pengolahan kelapa sawit.

Kutai Pesisir di Kutai Kartanegara juga dianggap sangat cocok dikembangkan menjadi wilayah perkotaan. Sebab, Kutai Pesisir dekat dengan sejumlah daerah strategis semisal Samarinda dan Balikpapan.

“Kualitas SDM dan permasalahan moratorium PNS bisa diselesaikan lebih mudah. Tapi, untuk semua rencana DOB secara umum tetap harus memperhitungkan dengan saksama kondisi geografis dan potensi fiskal daerah,” terang Kepala Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) di Universitas Mulawarman (Unmul) itu. (ril/him/rom/far/jos/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News