Para Perokok, Simak Omongan Sam Bimbo Ini

Para Perokok, Simak Omongan Sam Bimbo Ini
ISTIRAHAT TOTAL: Sam Bimbo bercerita tentang kondisinya kemarin (12/4). Dia sudah pulih dan akan mengurangi kegiatan setelah ini. Foto: FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS

jpnn.com - JAKARTA – Kondisi kesehatan Sam Bimbo, 73, mulai pulih. Pemilik nama asli Samsudin Hardjakusumah itu kemarin (12/4) bercerita tentang penyakitnya.

Sebelumnya, dia menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Asri, Jakarta Selatan  karena ISPA (infeksi saluran pernapasan akut).

Musisi dan juga pelukis tersebut menuturkan, penyakit yang diderita disebabkan kebiasaannya merokok.

’’Saya merokok sudah sekitar 20 tahun. Saya mendapatkan rokok itu semaunya. Akibatnya baru terasa sekarang,’’ kata Sam memulai ceritanya. Kondisinya memburuk ketika usianya semakin senja.

’’Saluran pernapasan, lambung, sampai ke leher terganggu semua. Dan biasanya terganggu saat usia semakin tua,’’ katanya.

Menurut dokter, tidak ada penyakit lain di dalam sistem pernapasannya selain ISPA.

’’Saya tidak ada kanker atau penyakit paru-paru basah. Saya selalu tidur tepat waktu. Ini hanya karena faktor kecapekan,’’ ucapnya.

Memang, sebelum masuk rumah sakit, dia mengurus beberapa hal sehingga harus rapat terus-menerus. Dalam beberapa waktu mendatang, Sam akan istirahat total.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News