Terowongan Bandar Narkoba ini Dilengkapi Lift

Terowongan Bandar Narkoba ini Dilengkapi Lift
Terowongan rahasia. Foto : conservativenews

SAN DIEGO - Agen federal Amerika Serikat (AS) mengumumkan penemuan terowongan 800 meter di perbatasan Meksiko. Terowongan rahasia itu diduga menjadi jalur perdagangan narkotika dan obat bius lintas negara. Bersamaan dengan itu, ditemukan 1 ton kokain dan 7 ton ganja. 

Jaksa Distrik California Selatan Laura Duffy mengatakan bahwa itu terowongan ke-13 yang ditemukan sejak 2006. Jika dibandingkan dengan terowongan-terowongan lain, terowongan di Pelabuhan Otay Mesa itu merupakan yang paling panjang. Tapi, terowongan tersebut sekaligus yang paling sempit. "Ini desain (terowongan, Red) yang paling genius jika dibandingkan dengan yang lain," kata Duffy. 

Salah satu ujung terowongan itu berada di area pelabuhan Kota San Diego, Negara Bagian California, AS. Tepatnya di sebuah lubang penampungan kayu-kayu palet. Sedangkan ujung lain terowongan tersebut berada di bawah sebuah rumah di Kota Tijuana, Meksiko. 

"Ini liang kelinci," ujar Duffy saat memeriksa lubang tembusan terowongan di tempat penampungan palet tersebut. Ukuran lubang itu memang tidak besar. Sengaja didesain seukuran dengan tempat sampah. Selama ini, lubang yang menjadi pintu terowongan itu selalu tertutup tempat sampah. Secara berkala, ada truk sampah yang mengosongkan isi tempat sampah tersebut dan membawanya ke lokasi lain. 

Dari truk sampah itulah, petugas mendapatkan petunjuk yang akhirnya mengarah ke terowongan canggih tersebut. Karena itu, setelah jalur rahasia bawah tanah tersebut ditemukan, pemerintah dua negara sepakat untuk menimbun terowongan itu. Menurut Duffy, itu merupakan cara paling efektif untuk memangkas perdagangan narkotika dan obat bius di kawasan tersebut. 

Di sisi Tijuana, ujung terowongan itu bahkan dilengkapi dengan lift. Lift itulah yang menjadi sarana untuk menghubungkan rumah dengan terowongan bawah tanah tersebut. "Ada sistem ventilasi dan penerangan di dalam terowongan tersebut," terang The Los Angeles Times. Diduga kuat,terowongan yang berada pada kedalaman 14 meter dari permukaan tanah itu sudah beroperasi selama bertahun-tahun. 

Pengiriman barang haram tersebut terbongkar setelah petugas mencegat truk boks yang menerima bongkaran truk sampah di salah satu sudut San Diego. Truk sampah itu diikuti sejak meninggalkan area penampungan palet. Dalam operasi antinarkoba tersebut, petugas sukses menyita 1 ton kokain dan 7 ton mariyuana. Itu berasal dari truk boks, terowongan, dan area penampungan palet. 

Selain mengamankan barang-barang haram itu, petugas membekuk enam tersangka. Tiga tersangka dibekuk bersamaan dengan pencegatan truk boks tersebut. Sedangkan tiga tersangka lain diamankan dari area penampungan palet. Kini enam tersangka itu mendekam di penjara dan menjalani interogasi lanjutan. 

"Ini penyitaan kokain terbesar yang dibarengi dengan penemuan terowongan narkotika," tutur Duffy dalam jumpa pers di area penampungan palet yang dikelilingi pagar tinggi tersebut. Dia mengatakan, pengintaian di Pelabuhan Otay Mesa dilakukan sejak Oktober lalu. Semuanya berawal dari kecurigaan petugas terhadap aktivitas orang-orang di area penampungan palet tersebut. (Reuters/BBC/hep/c11/ami/pda) 

 


SAN DIEGO - Agen federal Amerika Serikat (AS) mengumumkan penemuan terowongan 800 meter di perbatasan Meksiko. Terowongan rahasia itu diduga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News