Pengamat: Parpol Ibarat Perahu, Harga Cocok Ya Begitulah

Pengamat: Parpol Ibarat Perahu, Harga Cocok Ya Begitulah
Pengamat politik Ray Rangkuti. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Pengamat politik Ray Rangkuti menyatakan terbukanya partai politik dalam merekrut calon kepala daerah semakin memperkuat jati diri partai politik di Indonesia hanya sebagai perahu. Kewajiban partai politik yang semestinya sebagai institusi pencetak pemimpin di semua tingkatan semakin kabur.

“Partai politik ini persis kayak perahu. Harga cocok, jalan. Tidak ada masalah dengan visi misi calon yang diusungnya,” kata Ray, di Jakarta, Sabtu (23/4).

Menurutnya, publik tahu bahwa Partai Golkar atau PDI Perjuangan lebih kepada atribut yang digunakan. “Kalau kuning Golkar, merah PDI Perjuangan, demikian juga dengan partai politik lainnya. Padahal partai politik itu tempat berkumpulnya orang-orang dalam satu ideologi yang sama,” tegas Ray.

Selain itu, Ray juga mengkritik cara kerja partai-partai politik yang suka keroyokan. Misalnya ada sebuah peristiwa, semua kader partai politik latah menyatakan pendapat.

“Kan tidak seperti juga, kalau di antara partai ini punya satu produk unggulan dan fokus di situ," ujarnya.

Menurut Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia ini, fakta tersebut semakin mempertegas partai politik itu memang perahu. “Apa saja dia angkut, yang penting harga cocok," katanya.(fas/jpnn)


JAKARTA – Pengamat politik Ray Rangkuti menyatakan terbukanya partai politik dalam merekrut calon kepala daerah semakin memperkuat jati diri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News