Inilah Tanggapan Lengkap Luhut Panjaitan soal Panama Papers

Inilah Tanggapan Lengkap Luhut Panjaitan soal Panama Papers
Menko Polhukam Luhut B Panjaitan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Bocoran dokumen dari firma hukum di Panama, Mossack Fonseca tentang offshore company atau perusahaan cangkang menyeret nama Luhut Binsar Panjaitan. Namanya ada dalam dokumen yang kondang dengan sebutan Panama Papers itu sebagai direktur di Mayfair International Ltd.

Nama menteri perindustrian dan perdagangan di era Presiden Abdurrahman Wahid itu tertulis sebagai direktur di Mayfair International yang berbasis di Seychelles, sebuah negara di Samudra Hindia. Berdasarkan akta pendirian perusahaan, Mayfair beralamat di Suite 13, First Floor, Oliaji Trade Centre, Francis Rachel Street, Victoria, Mahe, Seychelles.

Terang saja Luhut menangkis bocoran dokumen yang menjadi pemberitaan di sebuah majalah mingguan terbitan Jakarta itu. Menurutnya, dari sisi substansi, hal yang ditulis di dalam majalah tersebut tidak terlalu luar biasa.

Namun, ia tetap merasa dirugikan. “Saya merasa dirugikan dengan disain sampul majalah tersebut, seolah-olah saya telah melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara kita, utamanya dalam merugikan negara,” katanya melalui layanan pesan WhatsApp yang beredar di kalangan wartawan.

Ia mencontohkan alamat rumahnya dalam akta pendirian Mayfair yang ditulis di Jalan Mega Kuningan Barat III Nomor 11, Jakarta. Padahal, Luhut tidak tinggal di alamat itu.

“Alamat rumah saya saja dibikin salah di situ. Alamat rumah saya bukan di Mega Kuningan 11," katanya.(boy/ara/jpnn)

Berikut ini adalah tanggapan Luhut atas pemberitaan yang menyebutnya terkait dengan perusahaan cangkang dalam Panama Papers:

​Beberapa saat lalu, salah satu majalah nasional di Indonesia mengangkat suatu isu yang mengaitkan dengan diri saya. Dari sisi substansi, hal yang ditulis di dalam majalah tersebut tidak terlalu luar biasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News