PBK Dinilai Bakal Berperan Penting Majukan Perekonomian Nasional

PBK Dinilai Bakal Berperan Penting Majukan Perekonomian Nasional
PBK Dinilai Bakal Berperan Penting Majukan Perekonomian Nasional

jpnn.com - JAKARTA - Perdagangan berjangka komoditi (PBK) dinilai ke depan akan memainkan peranan penting dalam memajukan perekonomian nasional. Sebab Indonesia negara yang sangat kaya dengan berbagai komoditi. Baik komoditi pertanian, mineral, maupun energi.

Karena itu menurut Kepala Biro Pengawasan Pasar Berjangka dan Fisik Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Pantas Lumbanbatu, tidak heran minat masyarakat tentang PBK saat ini semakin tinggi. Antara lain terlihat dari kunjungan sekitar 50 mahasiswa dan dosen dari Universitas Teknologi Yogyakarta, ke Bappebti, Senin (25/4) kemarin.  

"Jadi kenapa sangat diminiati, karena PBK merupakan bentuk kegiatan yang dapat menjadi sarana 'lindung nilai' (hedging) yang sangat efektif menunjang strategi manajemen perusahaan dari pengaruh timbulnya risiko atau kerugian yang disebabkan adanya fluktuasi harga," ujar Pantas, Selasa (26/4).

Selain itu, PBK kata Pantas, juga merupakan bentuk lain dari kegiatan asuransi berdasarkan mekanisme yang terjadi di pasar. Yaitu dengan membentuk pasar bayangan atau pasar derivatif dari pasar komoditi fisiknya (spot). 

"Jadi sangat efektif, apalagi dari semua resiko akibat era globalisasi dan liberalisasi yang berlangsung saat ini, yang paling sulit diperkirakan adalah risiko akibat terjadinya fluktuasi harga. Khususnya harga di bidang komoditi," ujarnya. 

Menurut Pantas, Indonesia saat ini memiliki dua bursa berjangka. Yakni PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan  PT Bursa Komoditi Derivatif Indonesia  (BKDI). Dalam aktivitasnya perdagangan berjangka komoditi didukung 2.400 lebih wakil pialang di berbagai daerah. Ini menjadi modal yang baik bagi perkembangan perdagangan berjangka di Indonesia.(gir/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News