Ngeri, Ribuan Bom Aktif Ditemukan

Ngeri, Ribuan Bom Aktif Ditemukan
Ilustrasi. Foto: Kaltara Pos

jpnn.com - TARAKAN – Mortir kembali ditemukan di Tarakan, Kalimantan Utara. Kali ini giliran Sarifudin yang tak sengaja menemukan sebuah bom jenis mortir yang masih aktif di Jalan Aki Balak, RT 02, Kelurahan Juata Kerikil.

Penemuan itu membuat orang-orang di sekitarnya menjadi gempar. Sebab,  mortir bekas Perang Dunia (PD) II memiliki daya ledak yang cukup dahsyat. Ukuran mortir itu lebih besar dari yang ditemukan sebelumnya.

Kepala Sat Brimob Detasemen C Pelopor Polda Kaltim Henzly Moningkey mengatakan, petugasnya telah melakukan sterilisasi sebelum mengevakuasi temuan mortir tersebut.

“Jadi pelaksanaan evakuasi berjalan dengan aman dan lancar, tidak ada kendala yang berarti saat petugas kami datang ke TKP. Bom itu telah kami amankan di Bunker untuk sementara waktu,” ungkapnya pada Kaltara Pos, Minggu (1/5).

Sementara itu, Panit I Subden 4 Gegana Satbrimobda Polda Kaltim, Ipda Moh Nur Sugiharto menuturkan, saat ini sudah sekitar 4.003 butir bom berbagai ukuran diamankan pihaknya sepanjang 2000-2016. (rml/jos/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News